SUMUT

NASIONAL

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bupati Batu Bara, Resmikan Pasar Bersejarah Simpang Dolok

Rabu, 15 Januari 2020 | 22.00 WIB
Kali Dibaca |


Batu Bara-Metrokampung.com
Untuk  meningkatkan perekonomian masyarakat, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP,  meresmikan  Pasar Tradisional Simpang Dolok yang bersejarah di Desa Simpang Dolok Kec. Datuk Lima Puluh Kabupaten Batu Bara,  Rabu (15/01/2020)

Dalam amanatnya  Bupati  meminta kepada pedagang pasar untuk memanfaatkan dan memelihara bangunan pasar  Simpang Dolok.

"Bangunan ini cukup bersejarah di Simpang Dolok dan dengan keberadaan pasar ini saya harap akan memberikan dampak peningkatan ekonomi masyarakat", ungkap  Bupati.

Sekedar diketahui, sebelumnya ditempat sama telah berdiri 2 los bangunan pasar yang disebut-sebut dibangun pada zaman penjajahan Belanda.

Ir Wahidin Kamal, salah seorang pentolan Gemkara mengatakan seiring perjalanan waktu, bangunan satu lantai terbuat dari kayu dan beratap seng tersebut mulai dimakan lapuk dan karat.

Akhirnya Pemkab Batu Bara merubuhkan bangunan lama dan membangun bangunan permanen yang tergolong megah untuk ukuran pasar tradisional.

Bangunan 2 lantai tersebut dalam pengoperasiannya kelak akan diisi pedagang di lantai satu. Sedang lantai dua diproyeksikan sebagai wadah pengembangan seni dan budaya Melayu.

Dikatakan Wahidin, pasar tradisional Simpang Dolok menyimpan sejarah perjuangan yang dimotori
Gemkara untuk pembentukan Kabupaten Batu Bara.

Kadis Perindagkop Batu Bara Margaretha Saragih dalam pidato pembukaan menyatakan bahwa pasar ini dibangun dua tingkat diharapkan akan menjadi percontohan untuk menjadi pasar sehat.

Usai peresmian, Bupati   menyerahkan Surat Izin berjualan kepada 10 orang pedagang secara simbolis.

Selain itu Bupati juga menyerahkan Surat tapak lahan untuk Polsek Labuhan Ruku.   

Salah seorang pedagang pasar Simpang Dolok, Rusman menyampaikan  terima kasih kepada Pemkab Batubara yang telah membangun pasar Simpang Dolok untuk kenyamanan pedagang disini. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru