SUMUT

NASIONAL

Terkait Virus Corona, Bupati Batu Bara Minta Waspadai Pendatang LN

Selasa, 04 Februari 2020 | 22.04 WIB
Kali Dibaca |


Batu Bara-Metrokampung.com
Kadis Kesehatan Kabupaten Batu Bara telah diinstruksikan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP agar menyampaikan kepada masyarakat agar mewaspadai penyebaran virus Corona melalui pendatang dari luar negeri.

Diingatkan, masyarakat Kabupaten Batu Bara harus waspada apabila ada pendatang dari luar negri yang masuk baik melalui pelabuhan resmi maupun melalui jalur tikus.

Karena Kabupaten Batu Bara memiliki garis pantai yang cukup panjang, tidak menutup kemungkinan adanya penyelundup dari luar negri masuk ke Batu Bara.

Peringatan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara drg Wahid Khusyairi saat mengunjungi Puskesmas Kedai Sianam di Desa Guntung, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Selasa, (04/02/2020).


Kepada warga drg Wahid Khusyairi memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya virus corona. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk waspada dan mengenali gejala-gejala virus tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kedai Sianam  Kecamatan Lima Puluh Pesisir, dr Guruh Wahyu Nugraha, menjelaskan kepada masyarakat mengenai gejala klinis virus corona. Mulai dari gejala demam, batuk, pilek, gangguan pernapasan, sakit tenggorokan serta letih dan lesu.

Dokter Guruh Wahyu juga menjelaskan kepada masyarakat mengenai pencegahan penyebaran virus tersebut.

Pertama, sering cuci tangan pakai sabun. Selanjutnya, gunakan masker bila batuk atau pilek.

Konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah. Hati-hati apa bila kontak dengan hewan. Rajin olahraga dan istirahat cukup.

"Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, serta bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan, terang dr Wahyu.

Dinas Kesehatan bersama personil Puskesmas dipimpin langsung oleh Ka Puskesmas Kedai Sianam, membagikan masker secara gratis dan brosur kepada masyarakat yang melintas di depan Puskesmas.

“Hari ini kita memang mensosialisasikan dan menyiagakan masyarakat untuk waspada terhadap virus corona, yang dilakukan hari ini adalah himbauan Bupati Batu Bara", sambung Kadis Kesehatan.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Kadis Kesehatan Batu Bara, drg Wahid Kusyairy, Ka Puskesmas Kedai Sianam, dr. Guruh Wahyu Nugraha, Kades Guntung Mukis, perangkat desa, pegawai Puskesmas, dan warga Desa Guntung. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru