SUMUT

NASIONAL

Meliburkan Sekolah Cegah Corona Tidak Efektif, Malah Buat Kekacauan Sosial

Selasa, 17 Maret 2020 | 06.25 WIB
Kali Dibaca |

Sudirman Sinaga pelatih Wushu Kabupatan Pelalawan

Pelalawan, metrokampung.com
Dengan  diliburkannya sekolah oleh Pemerintah Provinsi Riau  khususnya Pemerintah Kabupaten Pelalawan terkait pencegahan virus corona akan menimbulkan kekacauan sosial di tengah masyarakat khususnya masyarakat.

Hal ini di ungkapkan salah seorang aktivis olahraga di Kabupaten Pelalawan, Sudirman TH Sinaga kepada  media disalah satu kedai kopi di Pangkalan Kerinci, Senin (16/03).

Dikatakan Sudirman, meliburkan sekolah untuk  menjegah wabah virus corona saat ini justru tidak efektif  malah menimbulkan kepanikan bahkan ketakutan  yang  berlebihan di tengah masyarakat dan malah tinggi risikonya. Apalagi saat ini anak sekolah tingkat SMA/SMK seogyanya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis komputer(UNBK).

"Hal ini akan membuat panik anak didik dan tidak  tertutup kemungkinan fisikologis anak-anak maupun  para orang tua akan terganggu apalagi anak-anak  maupun pihak sekolah sudah melakukan persiapan  pelaksanaan ujian," ungkap Sudirman yang juga pelatih  Wushu Indonesia Pelalawan.

Seharusnya pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana berprilaku hidup sehat. Bukan  melakukan kebijakan membuat rasa dan ketakutan berlebihan kepada masyarakat.

"Kita menilai kebijakan ini seolah -olah penyebaran virus corona hanya ada di lingkungan sekolah. Bagaimana dengan para orang tua yang bekerja sebagai buruh, ASN dan lainnya, kenapa tidak sekalian diliburkan?," sebutnya

Menurut Sudirman, Pemerintah Pelalawan harus memberikan edukasi bagaimana mengantisipasi  penyebaran virus corona kepada para siswa di sekolah-sekolah dan masyarakat lainnya yang ada di Pelalawan serta menyiapkan semua kebutuhan masyarakat jika terdampak sakit.

Kata dia lagi, pihaknya meminta kepada pemerintah provinsi Riau khususnya pemerintah Pelalawan dalam  membuat kebijakan seogyanya mempertimbangkan berbagai aspek bukan kebijakan ikut -ikutan.

Dimana sesuai berita-berita ataupun informasi yang kita  dengar virus corona ini bisa disembuhkan. Meskipun penyebaran wabah virus corona ini memang tidak saja terjadi di Indonesia bahkan dunia.

Namun Sudirman meminta agar semua pihak termasuk  pihak pemerintah jangan malah ikut membuat kepanikan masyarakat. Namun tetap waspada.

sumber : net/gagasanriau.com
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru