SUMUT

NASIONAL

Pemkot Tanjungbalai Imbau Masyarakat Tetap Tenang Hadapi Penyebaran Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 | 20.22 WIB
Kali Dibaca |


Tanjungbalai, metrokampung.com
Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Kalaksa BPBD Tanjungbalai, Muhammad Ridwan Parinduri menyampaikan bahwa apa yang terjadi beberapa hari yang lalu di RSUD Dr. Tengku Mansyur terkait dugaan seorang pasien terjangkit virus Corona sangat disayangkan. Pasalnya, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSU. Adam Malik Medan, pasien tersebut dinyatakan negatif.

Oleh karena itu Pemkot Tanjungbalai berharap kedepan persoalan serupa tidak lagi terulang.
Dan semua pihak harusnya bisa memahami dan menghormati serta menahan diri terkait mekanisme penanganan medis pertama, terkait apa yang harus dilakukan terhadap pasien walaupun saat ini masyarakat merasa ketakutan dengan virus Corona (COVID-19).

"Sekali lagi kami mengimbau untuk masyarakat untuk tetap tenang, tidak perlu risau dan khawatir, khawatir itu boleh tapi tidak perlu terlalu berlebihan karena pada prinsipnya belum tentu orang yang panas tinggi disertai batuk disebut sudah terjangkit virus corona, "ucap Kalaksa BPBD M. Ridwan menanggapi insiden di RSUD Tengku Mansyur tersebut, kepada metro kampung, Kamis, (19/3/2020).

"Pemkot Tanjungbalai meminta masyarakat untuk tetap tidak panik tetapi waspada. Sebab pemerintah sudah mempersiapkan segala sarana yang dibutuhkan untuk penanganan kasus ini. Langkah langkah pencegahan virus Corona di Kota Tanjungbalai sudah dilakukan, hal ini sebelumnya sudah disampaikan oleh Bapak Wali Kota bersama Forkopimda saat konferensi pers di Kantor Wali Kota dihadapan para awak media," sambungnya.

Disampaikan bahwa pasien yang mengalami demam tinggi 38 derajat celsius belum bisa dikatakan terjangkit virus Corona, karena orang tersebut akan diobservasi selama 7 hari yang dinamakan orang Dalam Pemantauan (ODP). "Namun jika orang tersebut tetap mengalami hal serupa barulah ditangani pihak rumah sakit dan mengikuti tahap pemeriksaan Laboratorium. Jika hasilnya positif, pasien yang bersangkutan akan segera dirujuk ke RSUD yang dihunjuk pemerintah pusat. Kalau kita di Sumut, dirujuk ke RSUD Adam Malik, Medan, "sebut M. Ridwan Parinduri.

Dirinya kembali kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik tetapi waspada. Sebab pemerintah sudah mempersiapkan segala sarana yang dibutuhkan untuk penanganan kasus ini. "Dalam kasus Virus Corona saat yang terpenting adalah kita harus mengenali gejalanya seperti apa dan cara mencegahnya. Lakukan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, jangan berpergian ketempat ramai dan mengurangi aktivitas diluar rumah, perbanyak ibadah karena Insyaallah kita terhindar dari wabah Virus Corona,"pungkasnya.(ES/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru