SUMUT

NASIONAL

Pulang dari Vietnam Warga Tanjung Morawa Dirujuk ke RS Adam Malik

Selasa, 17 Maret 2020 | 16.23 WIB
Kali Dibaca |

RSUD Deli Serdang sudah merujuk salah satu pasien demam tinggi dan batuk dengan riwayat perjalanan dari Vietnam.

Lb Pakam, metrokampung. com
Seorang pasien yang riwayat perjalanannya dari Vietnam transit Malaysia yang masuk melalui Bandara Kuaanamu dan diperiksa di RSUD Deli Serdang,akhirnya dirujuk ke RS Adam Malik, Medan,Selasa (17/3/20).

"Kalau hasil diagonasa di RSUD Deli Serdang suspect demam biasa. Kita tidak bisa meningkatkan diagnosa sebelum dilakukan pemeriksaan lab foto thorax dari tenggorokan pasien.Prosedur pemeriksaannya itu dikirim RS Adam Malik ke Jakarta.Itu sebabnya, pasien tersebut belum bisa kita nyatakan terinfeksi positif virus Corona. Sudah kita rujuk ke Adam Malik,"kata Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Deli Serdang,dr Helinda Sari.

Dijelaskan dr Linda, pasien yang dirawat Senin (16/3/2020) malam belum tentu positif.Pasalnya, tidak semua juga orang yang pulang dari luar negeri dinyatakan kena Corona. Apalagi dipengaruhi karena cuaca saat ini kurang baik yang bisa menyebabkan batuk dan demam.

"Meski demikian,kita harus waspada sesuai arahan pemerintah.Kita lakukan pemeriksaan terhadap pasien,kemudian kita rujuk ke RSU Adam Malik untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tapi karena saat ini kita waspada dan pasien ada riwayat perjalanan dari luar negeri, makanya kita rujuk ke RS Adam Malik," papar Linda.

Dokter Linda membenarkan pasien tersebut warga Desa Dalu X,Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang.Pasien diantarkan keluarganya, Senin (16/3/2020) usai magrib.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru