Warga Pakam Terduga Terjangkit Virus Corona Dirujuk ke RSUP Adam Malik

Editor: metrokampung.com
Petugas medis RSUD Deliserdang dengan sigap menangani pasien diduga terjangkit virus corona.

Lb Pakam, metrokampung. com
Sorang warga Jalan Sotomo Lubuk Pakam, dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang, kerena diduga terjangkit virus corona, Minggu (8/3/2020) siang.

Pihak rumah sakit yang meneŕima kedatangan pasien langsung sigap dan menanyakan rekam jejak perjalan pasien sebelum mengalami demam tinggi, batuk dan filek serta sesak nafas. Pihak keluarganya mengatakan bahwa pasien baru tiga hari pulang dari luar negeri yang sedang terkangkit virus corona.

"Tapi sejak dua hari anak laki-laki saya ini mengalamai demam tinggi, sesak nafas dan filek. Makanya kami bawa le rumah sakit," kata Rita, ibu pasien.


Mendengar penjelasan tersebut, Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Deli Serdang, dr Herlinda Yani bersama tenaga medis lainnya langsung membawa pasien ke ruang triage dan diteruskan keruang isolasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan pakaian alat pengaman diri (ADP) berupa baju astronot serta kelengkapan lainnya, pihak medis melakukan pemeriksaan.

Dari hasil laboratorium dan foto thorax, ternyata pasien tersebut suspect corona, karenanya langsung dirujuk ke RSU Haji Adam Malik.


"Itu merupakan rangkaiaan simulasi virus corona di RSUD Deli Serdang jika. Jadi setiap pasien yang gejalanya demam tinggi, batuk dan filek maupun sesak nafas kita perikasa juga melalui laboratorium dan foto thoraxdr. Dari rekam medik lah baru kita ketahui apakah pasien memeng suspect corona atau tidak. Karena tidak semua gejala diatas suspect corona," kata Direktur RSU Deli Serdang,dr Hanif Fahri SpKj MM, kepada metrokampung.com disela menyaksikan simulasi penangan virus corona di rumah sakit milik Pemkab Deli Serdang tersebut.

Dikatakan Hanif, pihaknya sudah memiliki sebanyak 35 alat pengaman diri (APD) berupa baju astronot, masker, penutup kepala, sepatu dan sarung tangan. Bahkan, jika tenaga medis yang ikut mengantar ke RSU Haji Adam Malik, seluruh APD diserakan ke pihak RSU Haji Adam Malik. Termasuk penyemprotan mobil ambulan. Kemudian tenaga medis yang sudah kembali,langsug masuk ke dekontaminasi untuk penyemprotan seluruh tubuh.


"Artinya, sarana dan peralatan kita sudah lengkap untuk penanganan virus corona. Jika ada pasien memang suspect corona, maka langsung kita rujuk ke Rumah Sakit Adam Malik," papar Hanif.

Berdasarkan pengamatan, simulasi virus corona yang dilakukan RSUD Deli Serdang ada dua versi. Pertama pasian datang dengan mobil dan kedua datang dengan naik betor. Cara penangan yang dilakukan tetap sama. Sedangkan pasien yang suspect corona yang akan dirujuk ke RSU Haji Adam Malik tidak keluar dari IGD, tapi melalalui pintu samping ruang isolasi. Sedangkan mobil ambulan sudah siap stanbay.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini