Cegah Penyebaran Covid-19, Dishub Labuhanbatu Semprot Desinfektan ke Kapal Nelayan dan Pelabuhan Tj. Sarang Elang

Editor: metrokampung.com

Rantauprapat, metrokampung.com
Menindaklanjuti arahan Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST. MT, dalam upaya pencegahan terhadap wabah Corona Virus atau Covid-19, Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu semprotkan cairan desinfektan di Pelabuhan Tanjung Sarang Elang dan ke sejumlah kapal nelayan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Tuahta Saragih, kepada wartawan mengatakan bahwa penyemprotan tersebut mulai dilakukan mulai Kamis, (2/4/2020). Petugas, menetralisir sejumlah tempat yang sering disentuh warga di daerah pelabuhan Tanjung Sarang Elang.

"Hal ini kami lakukan, sesuai arahan Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT untuk menekan penyebaran Covid-19 di Labuhanbatu. Selain pelabuhan Tanjung Sarang Elang, petugas juga menyemprotkan desinfektan ke seluruh kapal nelayan yang berlabuh disana," ujarnya, Minggu (5/4/2020) di Rantauprapat.

Tuahta juga mengatakan bahwa, selain melakukan penyemprotan disenfektan di pelabuhan tersebut, pihaknya juga menyemprotkan desinfektan pada angkutan umum maupun bus yang melintas di Simpang Kompi, Kecamatan Rantau Utara, Rantauprapat.

"Tim yang berada disana, juga menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah bagian kendaraan yang banyak di sentuh oleh penumpang. Kita harus sadar pentingnya peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi corona virus (Covid 19) yang telah memakan korban di Indonesia maupun Dunia," tambahnya.

Menurutnya Tuahta, penularan covid-19, sangat rentan pada angkutan umum seperti kapal penumpang, dan angkutan umum seperti bus, mengingat aktivitas yang tinggi dalam mengangkut penumpang dalam jumlah besar setiap harinya.


"Dalam kegiatan itu, kami juga memberikan sosialiasasi dan edukasi agar meningkatkan kewaspadaannya dalam pencegahan virus mematikan tersebut kepada masyarakat, para pengusaha angkutan, pengemudi dan kepada seluruh penumpang," paparnya.

Kami menghimbau kepada seluruh penumpang agar melakukan cuci tangan secara rutin sebelum naik angkutan umum dengan menggunakan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, tutup mulut ketika bersin ataupun batuk menggunakan masker apabila sakit dan hindari kontak fisik dengan orang yang sakit.

"Dan kepada supir dan kondektur bus, angkot disarankan memakai masker dan sarung tangan, serta rutin membersihkan interior kendaraan seperti pegangan hand grip dan tempat duduk. Saya berharap dengan upaya seperti ini dapat meminimalisir penyebaran viris corona," tandasnya. (Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini