SUMUT

NASIONAL

Dampak Corona, Pemkab Deli Serdang Akan Bagikan Sembako Gratis

Jumat, 03 April 2020 | 03.04 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan didampingi Wabup HM Ali Yusuf Siregar pimpinan rapat penanganan Covid-19.

Lb Pakam, metrokampung.com
Pemkab Deliserdang akan mengambil kebijakan menyalurkan bantaun kepada warga yang terdampak virus carona (Covid-19) berupa pemberian sembako gratis.Apalagi dampak covid-19 hingga saat ini belum juga hilang.

"Karenanya, Pemkab Deli Serdang mengundang unsur pimpinan dewan dan pimpinan fraksi untuk menyampaikan situasi terkini terkait upaya penanggulangan covid-19 sekaligus meminta masukan yang dianggap perlu untuk penanggulangan masalah ini,'kata Bupati Deli Serdang,H Ashari Tambunan didampingi Wabup HM Ali Yusuf Siregar saat melakukan rapat terbatas bersama Ketua DPRD Deli Serdang,Zakky Sahr,iKapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi,SIk,Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin,para wakil ketua DPRD,serta para pimpinan fraksi di Aula Cendana kantor Bupati setempat, Kamis (2/4/2020).

Dikatakan Ashari, fokus Pemkab Deli Serdang dalam penanganan covid-19 dibagi menjadi lima pokok perhatian. Pertama yang sakit dapat sembuh. Kedua, bagaimana matarantai penyebaran virus bisa ditiadakan,minimal diminimalisir. Ketiga bagaimana masyarakat tetap tenang, situasi tetap kondusif. Kempat,bagaimana agar kelompok masyarakat yang berdampak langsung  terhadap covid-19 bisa dibantu. Seperti penurunan pendapatan dan  daya beli yang menurun.

Sedangkan yang kelima bagaimana Pemkab Deliserdang dapat membantu pihak-pihak yang berdampak pada pelemahan ekonomi secara makro.
 Untuk fokus yang keempat, tambah Ashari, yaitu antisipasi kepada masyarakat yang berdampak langsung. Seperti penurunan daya beli kehilangan pendapatan. Semua itu sedang dirumuskan dan sejalan dengan arahan pemerintah pusat.

"Jadi hal ini perlu kajian yang sangat terperinci dan detail agar tidak salah sasaran. Bentuknya bisa sajakan pemberian sembako,"papar Ashari.

Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Sahri sangat mendukung langkah yang kan dilakukan Pemkab Deli Serdang. Dalam dana tanggap darurat bencana non alam bagi pencegahan covid-19 sebesar Rp 46,5 milir adalah sasaran pemberian sembako gratis kepada masyarakat Deli Serdang.

 "Yang paling berdampak  itu adalah masyarakat kelas menengah kebawah. Karenanya, kita apresiasilah Pemkab Deli Serdang,"tutur Zakky.

Kadis Kesehatan Deliserdang,dr Ade Budi Krista menambahkan, saat ini orang dalam pantauan (ODP) di Deliserdang sebanyak 986 orang dan orang tanpa gejala (OTG) 73 orang,pasien dalam pengawasan (PDP) ada 2 orang,masing-masing dirawat di RS Gl Tobing dan RS Sembiring.

 "Sedangkan yang suspect positif ada 2 orang sedang dirawat di RS Adam Malik,"ujar Ade. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru