SUMUT

NASIONAL

Launching PSR, Kadis Pertanian: Kabupaten Asahan Mendapatkan Target 1.000 Ha Untuk Kebun Sawit Rakyat Yang Akan Diremajakan

Kamis, 09 April 2020 | 22.53 WIB
Kali Dibaca |


ASAHAN, Metrokanpung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Pertanian melaunching Program Peremajaan Kelapa Sawit (PSR) dari pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) di Kecamatan Aek Songsongan, Kamis (9/4/2020).

Dikesempatan itu, Bupati Asahan Surya melalui Kepala Dinas Pertanian Oktoni Eryanto menyampaikan launching tersebut ditujukan untuk para petani yang memiliki lahan seluas dibawah 4 Ha demi meningkatkan produksi para petani sawit dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masih kata Oktoni, Pemkab Asahan memberikan program bantuan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani Subur Jaya Desa Mekar Marjanji, Kecamatan Aek Songsongan dengan luas lahan 62,887 Ha.

"Kelompok tani yang sudah terverikasi akan mendapat uang Rp. 25 juta/Ha untuk biaya peremajaan sawit, hama, pupuk dasar dan bibit unggul yang dikeluarkan oleh BPDP-KS untuk PSR, "katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada tahun 2019, Pemkab Asahan telah mengusulkan lahan seluas 237,53 Ha untuk peremajaan sawit melalui dua usulan yang akan diberikan kepada Gapoktan Subur Jaya Kecamatan Aek Songsongan dan Kecamatan Sei Kepayang.

"BPDP-KS masih mengucurkan dana untuk peremajaan atas usulan Gapoktan Subur Jaya di Desa Mekar Merjanji, sedangkan untuk usulan lainnya masih dalam proses penghibaan masing-masing lembaga tani yang sudah disetujui untuk menerima dana hibah, "ungkapnya.

Selanjutnya kata dia, pada tahun 2020, Kabupaten Asahan mendapatkan target seluas 1.000 Ha untuk kebun sawit rakyat yang akan diremajakan, bagi para petani sawit yang ingin ikut serta dalam program PSR ini dapat berkonsultasi langsung ke Dinas Pertanian Kabupaten Asahan pada bidang Perkebunan mengenai syarat dan ketentuannya, "ujar Oktoni Eryanto menambahkan. (AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru