Harga Sembako BPNT Yang Disalurkan di Tanjungbalai Ditafsir Tidak Sesuai Nominal

Editor: metrokampung.com
TIDAK SESUAI: Sembako yang diterima warga dari program BPNT di Tanjungbalai ditafsir tidak sesuai dengan nilai nominal bantuan yakni Rp 400 Ribu untuk dua bulan yakni April dan Mei tahun 2020, Selasa (12/5/2020). (Foto Mk/Eben Silaban)

Tanjungbalai, metrokampung.com
Harga Sembako yang diterima warga dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementerian Sosial RI, yang disalurkan melalui Kios/BRI Link di tengah wabah Covid-19 di Tanjungbalai ditafsir tidak sesuai dengan nilai nominal bantuan sebesar Rp. 400 Ribu untuk dua bulan yakni April dan Mei tahun 2020.

"Besaran nominal BPNT itu Rp. 200 per bulan. Kali ini sekaligus diambil dua bulan. Namun sesuai tafsiran saya, harga sembako yang kami terima tidak sesuai dengan jumlah nilai bantuan sebesar Rp. 400 Ribu, "kata Muni salah seorang penerima bantuan BPNT di Tanjungbalai kepada Metrokampung.com, Selasa (12/5/2020).

Dikatakannya, setelah dirinya menukarkan kartu BPNT nya ke e-warung di Jalan Mesjid Lingkungan III Sirantau Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai, bahan sembako yang diterimanya berupa beras Payung isi 10 Kg sebanyak 2 karung, telor 2 papan, kacang hijau 1 Kg, Kentang 1 Kg dan Kurma 1/2 Kg.

"Dan jika ditafsir sesuai harga tertinggi di pasar maka, beras 2 karung itu seharga Rp. 210 Ribu, telor 2 papan senilai Rp 70 Ribu, kacang hijau senilai Rp 20 Ribu, Kentang Rp. 10 Ribu dan Kurma senilai Rp 20 ribu. Jadi ditotalkan seluruhnya hanya Rp. 330 Ribu. Padahal jumlah bantuan itu Rp.400 Ribu, "kata Muni.

Berbeda lagi dengan Buk Ester, warga penerima BPNT lainnya yang mengaku bahwa dirinya mendapat Sembako program BPNT berupa, Beras Bunda isi 10 Kg sebanyak 2 karung, telur 2 papan, Kacang Hijau 2 Kg, Gula pasir 2 Kg dan Semangka 4 Kg.

"Memang kalau ditafsirkan total harga dari seluruh harga Sembako yang saya terima itu sekitar Rp 368 Ribu, dengan rincian harga di pasar yakni beras bunda 20 Kg Rp. 210 Ribu, telur 2 papan Rp. 70 Ribu, Kacang Hijau 2kg Rp. 40 Ribu, Gula 2 Kg Rp. 32 Ribu, dan Semangka 4 Kg Rp. 16 Ribu, "ucapnya.

Oleh karena itu, warga berharap kepada pihak penyalur bantuan BPNT itu untuk menjelaskan daftar Sembako serta satuan harganya sehingga tidak dicurigai adanya permainan harga yang menguntungkan pihak-pihak tertentu. (ES/Mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini