SUMUT

NASIONAL

KAHMI dan DPRD Minta Polresta dan Kejari Deliserdang Usut Proyek Puskemas Bangun Purba

Sabtu, 30 Mei 2020 | 10.07 WIB
Kali Dibaca |

Ketua MD KAHMI Deliserdang Mansyur Hidayat Pasaribu dan jajarannya.

Lb Pakam, metrokampung.com
Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Deliserdang dan DPRD daerah itu meminta Polresta dan Kejari Deliserdang mengusut tuntas proyek pembangunan Puskesmas Bangun Purba. Pasalnya proyek Tahun 2019 sebesar Rp 3,1 Miliar hingga kini mangkrak.

 "Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang agar tidak lepas tanggung jawab. Apalagi saling buang badan. Karena itu panggil saja pemegang proyek dan kadisnya agar dikomprontir ," kata Ketua MD KAHMI Deliserdang, Mansyur Hidayat Pasaribu, Jumat (29/5/2020).

 Menurut Mansyur,  jika berdasarkan pengakuan Kadis Kesehatan Deliserdang bahwa pemborong proyek tersebut lari, semestinya kadis tidak boleh lepas dari tanggung jawabnya begitu saja.

 "Untuk itu, kita meminta secepatnya kepada Polresta dan Kejari Deliserdang mengusut tuntas. Apalgi Puskesmas itu fasum (fasilitas umum) vital. Jadi harus jadi prioritas ," tegas Mansyur.

 Terpisah, Ketua Fraksi  PKS DPRD Deliserdang, Cece Moh Romli menyebutkan, Kadis Kesehatan Deliserdang semestinya melaporkan permasalahan proyek tersebut kepada penegak hukum dan jangan dibiarkan berlarut larut.

 "Seharusnya kadis melaporkan kalau dianggap ada tindakan melawan hukum dan merugikan negara. Bukan dibiarkan begitu saja ," ucap Cece.

 Kata Cece, pembangunan Puskesmas tersebut menggunakan APBD 2019. Maka bila tidak terlaksana akan menjadi silfa pada akhir anggaran.

 "Itu akan dilaporkan bupati, nanti dipertanggungjawaban keuangan melalui OPD terkait. Nanti kita akan lihat seperti apa pertanggungjawaban pelaksanaan anggarannya ," paparnya.

 Disisi lain, tambah Cece, bila ingin diteruskan pembangunannya di Tahun 2020 ini, maka harus dilihat kembali detail penganggaran di APBD Tahun 2020 apakah dianggarkan kembali dalam bentuk multiyears atau bukan.

 "Semoga kedepan pembangunan tersebut berjalan sesuai kajian dan rencana dan saya minta kadis sebagai kuasa pengguna anggaran agar selektif terhadap pelaksana pembangunannya. Karena puskesmas tersebut pastinya sangat diperlukan masyarakat disana," tandas Cece.(in/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru