Tim Medis RS USU Mendapatkan Bantuan Makanan Siap Saji Dari PT Charoen Pokphand Tbk

Editor: metrokampung.com
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) berikan bantuan makanan siap saji (ready meal) kepada tim medis Rumah Sakit USU, Jumat (8/5/2020).

Medan, metrokampung.com
PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) memberikan bantuan makanan siap saji (ready meal) kepada tim medis Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU), yang diterima secara simbolis oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, Jum’at (8/5/2020).

 Bantuan tahap pertama yang terdiri dari 108 pack Fiesta Ready Meal itu diserahkan langsung oleh Regional Head Sumbagut PT Charoen Pokphand Tbk, Drh Bambang Sutrasno, bertempat di Gedung Biro Pusat Administrasi USU Medan.

Bantuan akan diberikan secara rutin per dua hari sebanyak 100 pack selama satu bulan pertama dan akan dilakukan evaluasi. Bantuan akan terus dilanjutkan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Turut hadir dalam acara Wakil Rektor II USU Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), Ketua Senat Akademik USU Prof Dr Suwarto, SH, MH, Vice President PT Charoen Pokphand Tbk Suguanto, General Manager PT Charoen Pokphand Tbk Bethmann Siagian, General Manager PT Charoen Pokphand Tbk Hardi Sunarli, PGA Manager PT Charoen Pokphand Tbk Suryani Pane, Direktur Utama RS USU Dr dr Syah Mirsya Warli, Sp U (K), serta para Ketua Komisi Senat Akademik USU.

Regional Head Sumbagut PT Charoen Pokphand Tbk, Drh Bambang Sutrasno mengatakan pemberian bantuan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada tim medis sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19. Program ini sudah dilakukan CPFI pada berbagai rumah sakit yang ada di Indonesia.  RS USU menjadi rumah sakit pertama yang menerima bantuan tersebut di provinsi Sumatera Utara, tuturnya.

Menurutnya, Tim medis merupakan pihak yang harus memiliki stamina baik sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Bantuan makanan yang kami berikan merupakan salah satu alternatif yang bisa bermanfaat dan meningkatkan daya tahan tim medis dalam pelayanan penanganan pasien.

Dikesempatan itu, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian yang ditunjukkan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk melalui Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) kepada tim medis RS USU.

Rektor berharap, bantuan tersebut dapat memaksimalkan peran tenaga medis di RS USU.
Sejak awal penetapan pandemi Covid-19, sebenarnya USU telah mengerahkan seluruh sistem dan potensi yang ada di RS USU untuk berperan aktif dalam penanganan Covid-19.

“RS USU sudah memiliki kelengkapan tim medis dan alat-alat yang diperlukan, seperti 4 unit Polimere Chain Reaction (PCR) di mana 2 di antaranya sudah disiapkan untuk tes swab pasien ODP dan PDP Covid-19. Akan tetapi, kendalanya ada pada kesulitan untuk mendapatkan reagensia, yang merupakan bahan baku pengujian sampel swab. USU sudah bekerja untuk memesan sendiri, tidak menunggu sumbangan. Namun pesanan itu belum bisa terpenuhi karena banyaknya permintaan. Sebelum akhirnya datang bantuan 1.000 reagensia dari Litbangkes untuk  tes swab 300  pasien ODP dan PDP. Dari 1.000 pesanan reagensia RS USU itu, baru dikirimkan sekitar 60 reagensia untuk  tes swab 33 pasien. Sejak itulah 16 April 2020 kami mulai bekerja untuk memeriksa 40 sampel dan terus bekerja hingga saat ini. RS USU juga sangat terbantu setelah kembali menerima bantuan 10.000 reagensia dari Litbangkes,” papar Rektor.

Ditambahkan Rektor, tidak hanya tenaga dokter patologi anatomi yang terlibat, melainkan juga dokter patologi klinik dan analis-analis dari Balai Teknik Lingkungan juga bergabung dengan RS USU, bersama-sama bekerja hingga hari ini. Tim bekerja nonstop karena banyaknya sampel yang datang dari berbagai puskesmas dan rumah sakit yang ada di Sumut.

“Gedung untuk ruang isolasi juga sudah selesai dan mudah-mudahan siap difungsikan dalam seminggu  ke depan, dengan kapasitas 5 pasien Covid-19. Kami bersyukur dengan bantuan ini berikut seluruh bantuan yang telah diberikan berbagai pihak, sehingga semua tim medis, termasuk para PPDS sangat terbantu dalam seluruh aktivitas medisnya,” kata Prof Runtung.

Dalam kesempatan itu, diperagakan cara menyajikan fiesta ready meal hingga siap santap. CPFI juga turut meminjamkan freezer berikut microwave sebagai piranti penyimpanan dan pengolahan makanan hingga siap santap bagi tim medis RS USU.  (Ver/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini