SUMUT

NASIONAL

Unjuk Rasa Mahasiswa Dibubar Paksa

Rabu, 06 Mei 2020 | 16.20 WIB
Kali Dibaca |

Polisi mengamankan mahasiswa pengunjuk rasa.

Medan, metrokampung.com
Aksi unjuk rasa dari kelompok mahasiswa di depan Kantor Pertamina Marketing Operation Region (MOR) 1 Medan Jalan KL Yos Sudarso Medan, dibubarkan paksa oleh personil Polsek Medan Barat, Rabu (6/5/2020).

Awalnya, sejumlah mahasiswa berjumlah 4 orang datang membawa spanduk bertuliskan ‘turunkan BBM’ dan berencana memberikan sumbangan kepada Pertamina. Sebab, mereka menilai, ditengah menurunnya harga minyak dunia, seharusnya dibarengi turunnya harga BBM di Indonesia.

Saat mereka melakukan orasinya, Kapolsek Medan Barat, Kompol Afdhal Junaidi mencoba melakukan dialog agar mahasiswa membubarkan diri. Namun, sejumlah mahasiswa itu terus memaksakan untuk melanjutkan orasinya.

Mendengar mahasiswa terus mengeluarkan argumennya, Afdhal lantas memerintahkan jajarannya untuk mengamankan sejumlah mahasiswa itu. Keempat mahasiswa itupun dibawa ke Polrestabes Medan dengan menggunakan mobil truk polisi.

Kepada wartawan, Afdhal mengatakan jika sebelumnya pihaknya telah menyampaikan kepada mahasiswa untuk tidak melakukan unjukrasa di tengah penyebaran covid-19.

“Jadi kami sudah sampaikan sebelumnya ke mahasiswa, untuk tidak melaksanakan unjukrasa. Sesuai maklumat bapak Kapolri bahwasannya kita harus ikuti protokol yang berkaitan dengan penanganan wabah covid-19,” katanya.

Selain itu, Afdhal mengungkapkan jika pihak dalam hal ini Satuan Intel tidak memberikan administrasinya untuk unjukrasa tersebut.

“Dari intel juga tak berikan administrasi terkait unjukrasa ini. Kami sudah mengimbau secara persuasif dan kemarin sudah melakukan penggalangan  tapi masih melaksanakan tindakan unjukrasa, untuk itu mereka kami bawa ke Polrestabes Medan,” ungkapnya.

Diakhir, Afdhal mengaku belum bisa memastikan tindakan apa yang akan diberikan pihaknya kepada mahasiswa tersebut.

 “Kita lihat dulu dari penyelidikan dan penyidikan, kita ambil keterangan dari yang bersangkutan, hasilnya kami sampaikan dan kami akan cek asal kampusnya,” sebut dia.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru