SUMUT

NASIONAL

85 KK Warga Desa Dolat Rayat Terima Bantuan BLT-DD

Kamis, 04 Juni 2020 | 16.16 WIB
Kali Dibaca |

Kades Dolat Rayat, Abdi Sembiring didampingi Sekcam Dolat Rayat, Junaidi Sembiring Saat menyalurkan BLT-DD.

Tanah Karo, Metrokampung.com
Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DDS) tahun anggaran 2020 bagi masyarakat terdampak COVID-19, di Poskorelawan Desa lawan covid -19 Kantor Desa Dolat Rayat, Kamis (4/06/2020)

Setelah mewabahnya pandemi virus corona di indonesia sejak awal maret 2020 lalu, pemerintah pusat dan daerah melalui Kementerian Desa menginstruksikan kepada para kepala desa seluruh indonesia untuk segera melakukan perubahan APBDes agar di dalam APBDes hanya ada 3 (tiga) jenis program prioritas yakni Penanggulangan covid -19, Padat Karya Tunai Desa, dan Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Dengan demikian, Desa Dolat Rayat yang di nakhodai Abdi Sembiring segera melakukan langkah cepat dengan melakukan Musyawarah Desa Khusus dengan menghadirkan para Kepala Dusun, Ketua BPD beserta jajarannya, serta masyarakat dengan agenda tunggal Validasi dan penetapan “by name by addres” penerima BLT DDS di Desa Dolat Rayat pada tanggal 12 mei 2020 bertempat di Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 kantor Desa Dolat Rayat

Berdasarkan hasil Musyawarah Desa, Khusus menghasilkan kesepatan bahwa sesuai edaran Menteri Desa dan Daerah Tertinggal, masyarakat yang terdampak COVID-19 akan mendapatkan BLT-DD dengan beberapa kriteria atau persyaratan yakni bahwa penerima BLT-DD adalah masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan sosial yang di keluarkan oleh Dinas Sosial ,dan lainnya dengan merujuk pada Basis Data Terpadu.Dalam musyawarah tersebut disepakati yang lansia sebagai penerima BLT-DD tersebut.

“Penyaluran BLT-DD kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 sesuai keputusan Musyawarah Desa Khusus dan hasil verifikasi data dari Dinas Sosial penerima BLT berjumlah 85 KK. Dan jika ada yang tertinggal tetap kita terima mana tahu tidak terperifikasi," ucap Kepala Desa Dolat Rayat Abdi Sembiring.

Dari Dinas Sosial ada beberapa jenis bantuan yang disalurkan ke masyarakat, terkhusus di Desa Dolat Rayat diantaranya Bantuan Sembako  propsu yang akan di berikan kepada 322KK, Bantuan  PKH 61 KK,Bantuan Pangan Non Tunai 54 KK,BST Kemensos 36 KK Via post,BLT DD 85 KK totalnya 588KK," tuturnya.

Dilanjutkannya,  bahwa Verifikasi data dari Dinas Sosial dimaksudkan agar penyaluran bantuan terdampak COVID-19 merata kemasyarakat karena ada juga beberapa bantuan yang disalurkan melalui Dinas Sosial selaku leading sektornya seperti PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

Lebih lanjut Kepala Desa Dolat Rayat Abdi Sembiring mengungkapkan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DDS) yang terima oleh masyarakat dalam keadaan utuh sesuai yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo sebesar Rp. 600.000 akan diterima selama 3 bulan yakni periode Bulan April sampai dengan Bulan Juni 2020.

“Harapan kami selaku pemerintah bahwa dengan adanya BLT-DD  ini, dapat bermanfaat secara maksimal sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat selama mewabahnya Virus corona yang entah kapan berakhir," harap Abdi Sembiring.

Walau dilaksanakan di Kantor desa, penyaluran   BLT-DD pelaksanaannya tetap berpedoman pada protokoler COVID-19 CORONA yakni jaga jarak dan pake masker bagi warga  para penerima serta mencuci tangan ketika masuk.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Camat Dolat Rayat, Junaidy Sembiring, S.STP, Kepala Desa Dolat Rayat Abdi Sembiring, Babinkamtibmas Aiptu Dadang Suganda, Ketua BPD Samson Karosekali beserta anggota, Para Kepala Dusun, Parlindungan Bukit, Salome Gurki, Masadi Sembiring, Staf Desa Asdi Aleksander Tarigan, Kaur Desa Enda Ulinata, Staf Kantor Camat, Lisa Pratiwi, Amos Noventa Ginting, TKSK Sabtu Sinuhaji dan penerima manfaat BLT-DD.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru