SUMUT

NASIONAL

Kadisdik Batu Bara Jajaki Kerjasama dengan PT Metromatika Teknologi Rekayasa

Jumat, 12 Juni 2020 | 14.51 WIB
Kali Dibaca |

Kadisdik BatuBara, Ilyas Sitorus.

Batu Bara, metrokampung.com
Meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten BatuBara, Bupati Batu Bara, Ir Zahir memberikan ruang kepada Kadis Pendidikan untuk membuka kerjasama dengan stakholder bidang edukasi masyarakat. Tujuannua untuk membantu dan melayani masyarakat sepanjang punya dasar dan aturan yang memperbolehkannya.

Penjelasan ini selalu diulang-ulang Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP pada setiap kesempatan dengan OPD di Batu Bara.

Terkait himbauan dan harapan Bupati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengatakan dirinya sengaja menjajaki kerjasama dan mengundang salah satu penyedia Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah untuk memaparkan dan berdiskusi dengan para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan yang di pimpinnya bertempat di ruang kerja Kadisdik Batu Bara.

Hal tersebut dikatakan Ilyas kepada awak media usai melakukan pertemuan dan diskusi dengan PT. Metromatika Tehnologi Rekayasa terkait aplikasi Edu Links, Kamis (11/6/2020).

 Ilyas menyampaikan terima kasih dan sangat menyambut baik kehadiran Edu Links sampai ke Perupuk menghadiri undangannya.

 "Ini luar patut kita jadikan salah satu pertimbangan sebagai alternatif pemberdayaan manajemen sekolah menuju Sekolah berkualitas dan kompetitif," jelasnya.

Ilyas berjanji akan menyampaikan terkait penjajakan kerjasama dan pertemuan ini kepada Bupati. Kadisdik juga  mengapresiasi adanya sistem teknologi informasi yang sesuai untuk menjawab kebutuhan dimasa pandemik Covid-19 yang mengutamakan transfer informasi berbasis web dan mobile apps yang multi guna. 

Menurut Kadisdik Batu Bara tersebut, dunia pendidikan adalah ruang pintu pertama yang harus mengadopsi perkembangan global. Karenanya dunia pendidikanlah yang menjadi baro-meter sebelum OPd – OPD lainnya.

 "Saat ini kita sudah memasuki era revolusi 4.0. Artinya arah manajemen pendidikan harus segera menyesuaikannya dengan suatu sistem informasi yang terintegrasi. Apalagi amanah Perpres 95 Gahun 2018, mengharuskan kita, Pemda menggagas terwujudnya SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ). Seorang pengambil keputusan atau kebijakan harus sudah dapat melihat atau memonitor perkembangan dari organisasi yang dipimpinnya kapan saja dan darimana saja,"ujar Ilyas.

Masih menurut Ilyas dari pertemuan tersebut berdasarkan paparan penyaji Dr. Eriadidan membaca profil perusahaan dan prodak yang di tawarkan  ini bernama aplikasi Edu Links.  Edu Links sebagai produk System Informasi Manajemen yang sengaja diciptakan dan dikembangkan oleh metromatika  sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam pengembangan system informasi pemerintahan dibawah pimpinan Bustami Ariffin dan Zahri Fadli dan  pakar teknologi informasi antara lain  Shivi Almas dan M Suryansyah serta dievaluasi/direvieu oleh Kantor Jasa Akuntan Indonesia PT Eriadifatkhurrokhman yang berpengalaman dalam pengembangan Sistem Manajemen Pemerintahan di bawah pimpinan, DR Eriadi yang juga selaku pemerhati dan tenaga ahli manajemen sumber daya manusia.

"Kesemua ini kita dapat informasinya dari profil perusahaan dan paparan yang di sampaikan tadi," tambah Ncekli Safaan akrab Kadisk Batu Bara Ilyas Sitorus kepada awak media.

Saat ditanya awak media tentang mengapa mengundang penyedia Edulinks, Ilyas mengatakan Dinas Pendidikan melihat Edulinks karena aplikasinya akan membantu mempersiapkan pemda maupun OPD dalam penerapan Perpres 95 Tahun 2018 tentang SPBE, kemudian Edulinks menjadikan informasi pendidikan terintegrasi dan dapat menjadikan media analisis kinerja sekolah secara terpadu juga akan membantu pangawasan jarak jauh serta beradaptasi dengan revolusi industri 4.0,.
Sedangkan untuk sekolah Edulinks mampu merevolusi sekolah moderen (sekolah 4.0), kemudian menjadikan manajemen tata kelola menjadi efisien dan meningkatkan integritas sekolah kepada publik termasuk paparless akan berkurang serta akan terjadi digital education di sekolah di Batu Bara.

Di tempat yang sama Eriadi saat mengatakan bahwa sudah saatnya sekolah dan stakeholder pendidikan memulai dengan satu aplikasi tetapi dapat mengakomodir banyak keperluan sekolah, jadi bukan satu aplikasi, hanya untuk satu keperluan sekolah.

 Masih menurutnya, bahwa dimasa pandemik seperti saat sekarang ini pun orang tua berharap dapat mengetahui perkembangan anaknya, bukan berarti dengan kondisi Pandemik Virus Corona (COVID-19) ini lantas kegiatan belajar mengajar terhenti akibat tidak bisa bertemu fisik, jelasnya.
 Dengan aplikasi ini semua guru dapat melaksanakan aktivitasnya dan dapat dimonitor oleh stakeholder. Karena Aplikasi yang kami tawarkan ini layak menjadi salah satu obsi dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sekolah. Guru bisa mendapatkan informasi yang cukup, begitu juga kepala  satuan pendidikan, siswa dan orang tua siswa termasuk stakeholder pendidikan dapat memonitor e-kinerja dimana saja termasuk sistem pengelolaan keuangan dan lainnya.

 "Penjajakan kerjasama penerapan Sistem Informasi Manajemen Sekolah antara  Metromatika dan Kantor Jasa Akuntan Indonesia PT Eriadifatkhurrokhman dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara ini menurut Eriadi sekaligus ajang silaturahmi kami dengan jajaran Dinas Pendidikan Batu Bara, ujarnya.

Lebih lanjut Eriadi mengatakan bahwa Edu Links adalah merupakah sistem informasi sekolah berbasis web dan mobile apps yang multiguna sebagai produk aplikasi Sistem informasi manajemen merupakan pilihan solusi peningkatan mutu Pendidikan menuju sekolah berkualitas,  terdepan dan kompetitif. Edu links memberi jaminan terpenuhinya semua informasi manajemen dalam pelayanan Pendidikan disekolah secara terintegrasi, online dan rill time. Edu links juga membantu menganalisis potensi akademik siswa dan kinerja guru serta sekolah, yang nantinya diperlukan sebagai dasar pengembangan mutu Pendidikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara dalam rangka memajukan sektor Pendidikan di Kabupaten Batubara, papar mantan Auditor BPK-RI Perwakilan Sumatera Utara ini.

Dengan Edulinks diharapkan standarisasi kinerja sekolah sebagai institusi Pendidikan terwujud dan dapat digunakan bersama oleh para stakeholder  antara lain, Siswa, orang tua Siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, dan Dinas Pendidikan  selaku Pembina dan Koordinator serta stakeholder lainnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut selain Kadisdik Batu Bara Ilyas Sotorus, Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor, Kabid Dikdas Irwansyah, Kabid Budaya Halimah, Kabid PNFI dan PAUD Azwar serta Kasi Kasubbag di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara dan Tim dari Metromatika Zahri fadli, Shivi Almas, M Suryansyah serta Eriadi.
(rud/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru