SUMUT

NASIONAL

Pemuda Lumpuh Pencipta Lagu Batak Berharap Bantuan Kibot

Kamis, 04 Juni 2020 | 20.48 WIB
Kali Dibaca |

Camat Gunung Sitember Jonathan Ginting (no 2 dari kiri) bersama relawan JPKP saat ke rumah Rela.

Sidikalang, metrokampung.com
Sudah 12 tahun lamanya, Rela Lumbangaol (28) menderita kelumpuhan. Tangan kakinya sudah mengecil.

Punbegitu, lajang yang tinggal di Dusun Lau Kinapan, Desa Batu Gungun,  Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi itu punya semangat yang tinggi untuk bermusik dan mencipta lagu. Iapun berharap bantuan kibot dari pemerintah.

Harapan anak ketiga dari 7 bersaudara pasangan Sopar Lumbangaol dan istrinya Melpin Be Purba disampaikan melalui relawan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP)  Kecamatan Gunung Sitember,  Robert Saragih dan kemudian diteruskan kepada Pemerintahan Kecamatan Gunung Sitember, Rabu (3/6/2020).

Rela Lumbangaol hanya bisa terbaring saat dikunjungi camat.
Permintaan itu akhirnya didengar Camat Gunung Sitember,  Jonathan Ginting. Iapun langsung merespon dengan mendatangi rumah Rela penderita lumpuh total  didampingi relawan JPKP.

"Saya akan melakukan upaya sebaik mungkin dan akan dikonsultasikan kepada Pemerintah Kabupaten Dairi," bilang Jonathan.

Dikisahkan, kelumpuhan yang diderita Rela terjadi saat dirinya duduk di kelas V SD.

Hingga kini, Rela   hanya mampu terbaring dan tidak bisa untuk duduk. Kondisi fisiknya terus melemah dan memprihatinkan.

Tubuhnya kurus, tangan dan kakinya semakin mengecil dan  sulit untuk digerakkan.

Akan tetapi  Rela mengakui semangat hidupnya sangat tinggi. Bahkan dikesehariannya, Rela masih mampu  menciptakan sejumlah lagu, baik lagu  pop Batak maupun lagu  Rohani. Dan lagu-lagu ciptaan Rela sudah masuk ke dapur rekaman bahkan  sudah ada yang dinyanyikan artis Ibukota.

Pada saat pertemuannya dengan Camat Gunung Sitember, Jonathan Ginting, Rela yang dinilai  punya talenta pencipta lagu memohon dan menyampaikan keinginannya untuk dapat memiliki  e- KTP. Hal itu untuk keperluan pengurusan berkas dokumen hak cipta lagu miliknya seperti lagu - lagu yang sudah diciptakan maupun yang akan diciptakannya.

Karenanya Rela berharap dan
berkeinginan untuk terus berkarya ditarik suara dan memiliki musik kibot untuk menciptakan lagu.

Camat Gunung Sitember, Jonathan Ginting didampingi sejumlah relawan kemanusian JPKP Kecamatan Gunung Sitember selanjutnya menghubungi dokter Puskesmas agar secepatnya memeriksa kondisi kesehatan Rela  dan berjanji akan secepatnya melakukan perekaman e-KTP dengan membawa pemuda yang memiliki semangat tinggi itu ke Kantor Camat maupun kantor Dinas Catatan Sipil.(in/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru