SUMUT

NASIONAL

Akses Jalan Ke Desa Ujung Tran Tertutup Akibat Pohon Tumbang, Aliran Litrik Padam Total

Minggu, 12 Juli 2020 | 18.59 WIB
Kali Dibaca |

Personil Babinsa Koramil 04/SE saat membantu warga mengangkat kayu yang menutup Ke badan jalan.
Karo, Metrokampung.com
Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Ujung Tran, Kecamaatan Merdeka, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara pada Sabtu (11/7/2020) sore hingga tengah malam membuat akses jalan ke desa  tertutup oleh pepohonan yang  tumbang.

Pantauan awak media, pepohonan yang  tumbang langsung  menimpa  kabel jaringan  listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) sehingga  aliran listrik pun padam, Minggu (12/7/2020) sekitar Pukul 06: 20 WIB.

Kepala Desa Ujung Trans, Solen Sinulingga bersama warga lainya mengatakan membenarkan kejadian yang dialami desanya dimana oleh warga dan aparat desa langsung bergotong royong  membersihkan materil kayu yang masih melintang di badan jalan.


"Betul bang, kemarin (Sabtu/red) mulai  pagi hari hingga malam  hujan deras mengguyur desa kami yang  mengakibatkan kayu dan tiang listrik tumbang ke badan jalan yang mengakibatkan tertutupnya jalan menuju desa dan aliran listrik padam total," ungkap Solen.

"Info yang saya dapat, bahwa jalan ke desa tidak bisa dilewati. Kalau mau ke Kota Berastagi maupun ke desa sebelah. Jadi, sebelum petugas yang bersangkutan datang, kami bersama masyarakat terlebih dahulu membersihkan kayu - kayu yang kecil ini dulu. Kalau yang besar itu kan tidak mungkin terangkat kalau tidak menggunakan mesin pemotong kayu. Kita tunggu sajalah instansi terkait datang lagian pula kan Jaringan listrik ini tidak sembarangan yang bisa memasangnya, nanti kalau salah pegang , bisa - bisa kita pun kontak juga," ucap Solen Sinulingga.

Ditempat yang sama, salah satu warga Desa Deram yang bernama J Karo - karo ketika di konfirmasi wartawan mengatakan," saya kan pagi tadi mau nyemprot ke ladang, jadi saya lihat , yah kok ada kayu yang tumbang dan tiang listrik," katq J - Karo - karo.

"Berarti kuat dugaan, padamnya  listrik  mati semalam gara - gara tiang ini tumbang."ujarnya seraya berharap   petugas PLN maupun petugas dari Pekerjaan Umum (PU) segera  membersihkan serpihan kayu  dan PLN juga memperbaiki jaringan listrik ini.

Di tempat terpisah, Kepala PLN Cabang Berastagi Donrekus ketika di konfirmasi wartawan, Minggu (12/7/2020), mengatakan akan segera menuju ke Desa Ujung Tran.

"Siap Bang, ini anggota sudah mau menuju TKP, memang aliran listrik di beberapa titik ada gangguan karena hujan deras dan di sertai angin kencang mengakibatkan kayu tumbang mengenai kabel kita Bang. Jadi mohon di info kan kepada masyarakat agar bersabar ya Bang. Ini anggota sudah mau sampai di lokasi, karena barusan lagi memperbaiki tiang listrik di seputaran Gundaling akibat kayu tumbang," kata Donrekus.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru