SUMUT

NASIONAL

Bawaslu Labuhanbatu : Rangkul Insan Pers Sebagai Pengawas Partisipatif Pada Pilkada 2020

Jumat, 17 Juli 2020 | 23.03 WIB
Kali Dibaca |

Foto Bareng Bawaslu dengan insan pers Labuhanbatu. 
Rantauprapat, Metrokampung.com
Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu menggelar acara Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama media cetak dan elektronik se-Kabupaten Labuhanbatu, di Hotel Permata Land Rantau Prapat Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (17/7/2020).

Pada kesempatan itu Ketua Bawaslu Labuhanbatu Makmur, SE mengajak para Insan Pers (media) sebagai fasitator Informasi publik pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami mengajak semua insan Pers untuk dapat bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tentunya  partisipatif  dan sebagai corong informasi ke masyarakat apalagi dalam situasi Pandemi Covid – 19,” dan tetap pada koridor  protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam pelaksanaan pilkada nantinya,” terangnya.Sembari menambahkan informasi, bahwa tahap Pilkada dimulai sejak Juni tahun 2020. Dan, pada tahap finalnya Pilkada di Kabupaten Labuhanbatu, pada tanggal 9 Desember 2020.


Selain itu Akademis Universitas Sumatera Utara Faisal Andri Malarawa yang hadir sebagai narasumber mengatakan, posisi Insan Pers dalam kancah politik tidak mesti netral saja, namun harus berpihak. Keberpihakan dimaksud adalah fokus terhadap kepatuhan dan partisipatif masyarakat dalam konteks realisasi tahapan Pemilu yang semestinya.

“Dengan adanya peran media, sehingga dapat menciptakan pengawasan yang lebih efektif. Bawaslu harus dekat dengan media, sehingga dapat bersinergi dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu,” kata Faisal Andri.

Di terangkan Faisal lembaga pengawas terdiri dari organisasi (Organized Election Observers), adalah lembaga yang memiliki ketertarikan terhadap pemantauan dalam proses pemilu.

“Mereka ini, adalah meyakini dirinya sebagai relawan. Sama seperti Insan Pers, memiliki peranan penting dalam proses pengawasan non organizer, namun menghasilkan tujuan sama dengan badan adhoc maupun komunitas pengawasan internal lainnya,” terang Faisal.

Kegiatan dihadiri komisioner Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu yakni, Parulian Silaban, SH,MH, Zuliandi Simatupang, SH, Fachrizal, S.Pd, Sarpan Hudawi Siregar, dan Hadi Wijaya (Koordinator Sekretariat Bawaslu), serta ratusan Insan Pers dan LSM se-Labuhanbatu.

(Reporter :Rahmat Fajar Sitorus) 
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru