SUMUT

NASIONAL

Pandemi Covid-19, Mencari Lidi Sawit Menjadi Usaha Kaum Ibu di Desa Pasiran Untuk Pemasukan Keluarga

Sabtu, 11 Juli 2020 | 14.58 WIB
Kali Dibaca |


Asahan, Metrokampung.com
Ditengah pandemi covid-19 yang memutus perekonomian masyarakat. Sapu lidi yang berasal dari pohon sawit menjadi salah satu solusi untuk membantu perekonomian keluarga di Desa Pasiran, Dusun IV, Kecamatan Sei Dadap.

Amatan metrokampung.com, Sabtu (11/7/2020) para pencari sapu lidi pohon sawit yang didominasi oleh kaum ibu-ibu tersebut terlihat sangat antusias, karena harga lidi sawit kering per kilo mencapai Rp. 3.100. (tiga ribu seratus rupiah)

"Harga lidi sawit sangat membantu pemasukan keluarga, apalagi harga lidi kering yang sudah dijemur mencapai Rp. 3 ribu seratus rupiah, "kata Tiurma Sianturi.

Selanjutnya kata Tiurma, terlebih saat ini mewabahnya corona virus melanda wilayah di Indonesia sehingga membuat perekonomian masyarakat terganggu.


"Sekarang corona virus sedang mewabah membuat suami tidak bisa pergi keluar kota untuk bekerja, sehingga lidi sawit menjadi solusi tambahan pemasukan keluarga, "ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Gereng warga setempat menyampaikan bahwa selain mudah didapat, harga jual sapu lidi yang berasal dari pohon sawit juga dapat menambah pendapatan untuk kebutuhan rumah tangga.

Masih kata Gereng, ditemani anak dan suami dirinya setiap harinya mampu mengumpulkan lidi sawit seberat 10 kilo.

"Lumayan harga lidi yang kering dapat membantu perekonomian keluarga untuk tambahan belanja didapur, "ungkapnya.

Sementara itu, rata-rata kaum ibu-ibu perorangan setiap harinya mampu mengumpulkan lidi sawit seberat 5 kilo gram.(AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru