SUMUT

NASIONAL

Penyaluran Dana BST di Karo Dairi dan Pakpak Bharat, 36.323 Penerima BST dari Kemensos, 3.713 Terancam Dikembalikan

Rabu, 08 Juli 2020 | 20.35 WIB
Kali Dibaca |

Kepala Cabang Kantor Pos Kabanjahe, Agus Tambunan saat diwawancarai wartawan diruang kerjanya.
Karo, metrokampung.com
Penyaluran  Bantuan Sosial Tunai (BST) kemensos tahap ke tiga berlangsung aman dan lancar di halaman parkir PT.Kantor Pos Indonesia cabang Kabanjahe.

Kepala cabang Kantor Pos Cabang Kabanjahe, Sumut yang membawahi tiga kabupaten yakni Karo, Dairi dan Pakpak Bharat, Agus Tambunan kepada wartawan, Rabu (08/07/2020) sekira pukul 18.00 WIB mengatakan, bahwa total penerima bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos yang disalurkan oleh Kantor Pos adalah 36.323 orang dengan rincian, Karo 16.253, Dairi 16.069 dan Pakpak Barat 4001. Data pada tahap I yg sebelumnya sebanyak 40.236 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini berkurang setelah dilakukan verifikasi oleh masing masing Kepala Desa dengan keterangan : Meninggal Dunia, Ganda, Penerima Batuan PKH, ASN Pindah  sebanyak 713 yang diretur (dikembalikan) ke kemensos karena menurut kepala desa tidak berhak.

Dan menurut info dari kemensos bahwa 3.713 penerima BST yang dikembalikan, akan dilakukan penggantian kepada warga yang lebih layak untuk kembali dibayarkan oleh kemensos," tuturnya.

Lanjut Agus Tambunan ,  dalam penyaluran BST tahap ke tiga ini, menghimbau kepada kepala desa / lurah bila ada warganya yang sedang sakit atau tidak sanggup datang ke kantor pos untuk menerima BST tersebut segera melaporkan kepada kami, agar bisa kami antarkan ke alamat penerima BST tersebut tanpa harus datang antri di kantor pos seraya menambahkan penyaluran BST di mulai sejak Senin 06 Juli 2020 hingga tanggal 15 Juli 2020," tutur Agus Tambunan.

Kacab Pos cabang Kabanjahe juga menghimbau warga penerima BST agar segera mengambilnya ke kantor pos masing masing sesuai jadwal yang telah ditentukan  dan tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat kepada warga penerima BST," tutup Agus Tambunan.

Sementara itu, seorang Lansia yang merupakan  salah satu penerima BST dari desa Bekerah kecamatan Naman Teran, Nasib Br Karo(95) mengatakan, sangat mensyukuri atas bantuan ini, ditengah pandemi covid 19 sedang melanda.

"Ini bantuan yang ketiga saya terima, rp 600/ bulan selama tiga bulan berturut turut," ujar Nenek Beru Karo.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru