SUMUT

NASIONAL

Dandim 0205/Tanah Karo Instruksikan Jajarannya Pasang Wifi Untuk Belajar Daring

Selasa, 25 Agustus 2020 | 18.34 WIB
Kali Dibaca |

Sistem pembelajaran secara daring yang telah diterapkan oleh pemerintah kepada siswa sekolah merupakan dampak dari pandemi Covid-19 dan menghantam seluruh sektor.
Karo, Metrokampung.com
Sistem pembelajaran secara daring yang telah diterapkan oleh pemerintah kepada siswa sekolah merupakan dampak dari pandemi Covid-19 dan menghantam seluruh sektor.

Dan ternyata Hasil jerih payah yang dilakukan oleh Babinsa Serka Darwis dan Babinsa se Kodim 0205/Tanah Karo  akhirnya terobati, satu unit jaringan wifi telah terpasang guna membantu anak-anak yang masih kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran berbasis internet (daring) khususnya di wilayah Koramil 08/TB Kodim 0205/Tanah Karo.

Pembelajaran secara tatap muka harus dirubah menjadi pembelajaran jarak jauh (berbasis internet) hal ini pastinya bertujuan  untuk memutus mata rantai penularan covid-19 khususnya kepada anak-anak yang belum kuat system imun tubuhnya saat menghadapi serangan virus.

Dengan kebijakan tersebut sudah pasti banyak kendala dihadapi oleh masyarakat, terkhusus desa terpencil yang tidak tersentuh oleh jangkauan internet serta minim sinyal HP.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Roy Fachraby Ginting SH yang di dampingi Irwan Sitepu, sudah ada hotspot internet yang berasal dari wifi milik pemerintah Desa se Kabupaten Karo namun jaraknya yang  begitu jauh sehingga menyulitkan akses internet.

“Ada pula beberapa orang yang sudah memiliki wifi karena mereka tergolong mampu secara ekonomi namun hanya untuk pribadi, bagi keluarga yang belum mampu memasang wifi mereka terpaksa harus merogoh kocek untuk keperluan pembelajaran bagi anak-anak,” ujar Roy , Selasa (25/08).

Ia menambahkan sulitnya sinyal HP yang tidak stabil dikarenakan sebagian di Kabupaten Karo  dikelilingi perbukitan tinggi, selain itu borosnya penggunaan kuota secara terus menerus.

Berdasar laporan tersebut Serka Darwis  menyampaikannya langsung ke Komandan Koramil 08/TBk yang kemudian menindaklanjuti dan melaporkan kepada Komandan Kodim 0205/Tanah Karo.

Gayungpun bersambut, Komandan Kodim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto langsung merespon hal tersebut dan memerintahkan Danramil Se Kodim 0205/Tanah Karo  untuk membantu memasang satu unit wifi yang nantinya diperuntukkan bagi anak-anak di wilayah hukuk masing masing.

Sementara Mayor Inf Jimmi Barus selaku Danramil 03/BT mengucap syukur dengan terpasangnya satu unit wifi untuk sarana pembelajaran online.

“Alhamdulilah satu unit wifi sudah berhasil kami pasang Senin sore kemarin dan kami tempatkan diruangan Koramil dan rencana nantinya wifi tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk pembelajaran daring bagi anak-anak di seputaran Berastagi Sekitar bagi anak anak yang tidak mempunyai paket data," ujar Mayor Inf Jimmi Barus.

Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto menyarankan agar jajaran Koramil seluruh wilayah kabupaten Karo pembelajaran daring dan mempersilahkan anak-anak yang masih kesulitan  mengakses internet murah supaya tidak sungkan memanfaatkan wifi yang di miliki Kantor Koramil terdekat.

Andi Ginting  menyambut baik bantuan akses internet untuk tersebut dan mengucapkan terima kasih kepada Dandim, Danramil dan Babinsa.

”Saya merasa bersyukur karena kesulitan yang kami alami mendapat respon baik dari pak Dandim 0205/Tanah Karo, terima kasih kepada pak Dandim,pak Danramil serta pak Babinsa yang telah memberikan bantuan berupa pemasangan wifi untuk anak-anak dan alhamdulillah hari Selasa pagi sudah bisa dipergunakan anak-anak untuk pembelajaran online yang langsung dipandu oleh bapak guru - guru masing masing siswa,” terang Ginting.(amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru