SUMUT

NASIONAL

Warga Sabungan Nihuta : Kami Hanya Sebatas Memandang, Namun Tidak Bisa Merasakan

Minggu, 16 Agustus 2020 | 20.20 WIB
Kali Dibaca |

penyerahan bantuan beras oleh balon bupati Samosir Vandiko Gultom. 
Samosir, metrokampung.com
Minimnya pembangunan infrastruktur di kabupaten Samosir merupakan salah satu faktor penyebab ekonomi masyarakat kian melemah.

Pasalnya, mayoritas masyarakat Samosir yang kesehariannya berprofesi sebagai petani, sering mengalami kekeringan hingga menimbulkan gagal panen.

Hal itu disampaikan S Simalango, salah seorang warga Sidihoni, disela kunjungan dan sosialisasi bakal calon bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, di Sidihoni, desa Sabungan Nihuta, Minggu (16/08/2020).

Suasana penyaluran bantuan beras, yang dihadiri ratusan warga desa Sabungan Nihuta.
Dirinya menyampaikan bahwa kendala yang sering dialami para petani didesa nya itu, kekeringan. "Kami para petani khususnya di desa Sabungan Nihuta, sering gagal panen dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan, hingga kebutuhan air untuk pengairan tanaman tidak tercukupi," ungkapnya.

Simalango juga menambahkan, bahwa di daerahnya tersebut ada sumber air yakni danau Sidihoni, namun mereka tidak bisa menikmatinya.

"Didesa ini, ada danau Sidihoni, namun kami tidak bisa menikmati itu khusus nya untuk mengairi pertanian. Dan untuk kebutuhan air minum, kami menampung air hujan,"tambahnya.

Menyikapi keluhan warga tersebut, ketika kelak terpilih, yang juga merupakan programnya kedepan, Vandiko berjanji akan membangun saluran irigasi dan air bersih.

"Dibidang pertanian, kami akan membangun saluran irigasi dan air bersih, serta memberikan pupuk dan bibit gratis untuk amang inang semua," ungkap Vandiko.

Disisi lain, Guna meningkatkan SDM masyarakat Samosir khusus nya para pelajar atau mahasiswa pasangan Vantas memprogramkan beasiswa gratis kepada mahasiswa asal Samosir dengan catatan IPK minimal 3.

"Setelah Pertanian, dan Peningkatan SDM, masyarakat Samosir juga harus dijamin Kesehatan, maka dibidang kesehatan, kami akan memprogramkan BPJS Gratis kepada bapak ibu sekalian," terangnya.

Sosialisasi sekaligus pembagian tali asih berupa bantuan beras di desa Sabungan Nihuta oleh balon bupati Samosir, Vandiko Gultom, turut dihadiri Ketua tim pemenangan pasangan Vantas kabupaten Samosir, Pahala Tua Simbolon, Nahum Naibaho, Sasnaik Naibaho, Barita Sinambela, anggota DPRD Samosir fraksi Gerindra Saur Tua Silalahi, serta ratusan warga desa Sabungan Nihuta.(Horas/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru