Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Baznas Deliserdang Serahkan Zakat Rp 1,6 Milar

Selasa, 20 Oktober 2020 | 20.38 WIB
Kali Dibaca |

Ketua Baznas Deli Serdang, H Zulkarnain Nasution menyerahkan bantuan renovasi masjid.

Lb Pakam, metrokampung.com
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang menyerahkan bantuan zakat terhitung Januari-Oktober 2020 sebesar Rp 1,6 miliar.

Penyerahan zakat langsung diberika oleh Baznas Deli Serdang kepada fakir miskin sebanyak 4.270 orang masing-masing Rp 300 ribu, bantuan untuk guru ngaji magrib sebanyak 524 orang masing-masing mendapat Rp 500 ribu, bantuan untuk muallaf Rp 8 juta, bantuan pembangunan masjid,mushola/tahfiz Rp 59 juta, bantuan alat hand sanitizer dan masker untuk masjid Rp 13 juta.

"Bantuan yang kita serahkan ini sudah tahap kedua.Kalau tahap pertama sebesar Rp 810 juta dan tahap kedua Rp 800 juta. Zakat ini sebesar 95 persen dari ASN dan Polri  hingga Oktober baru terkumpul Rp 1,8 miliar. Sedangkan Tahun 2019 terkumpul Rp 2,2 muliar," kata Ketua Baznas Deli Serdang, H Zulkarnain Nasuition disela penyerahan renovasi masjid di kantor Baznas setempat kepada wartawan, Selasa (20/10/20) siang.

Dikatakan Zulkarnain, mengenai siapa saja fakir miskin atau muallaf yang mrndapatkan zakat, sepenuhnya diserahkan kepada 22 camat se-Kabupaten Deli Serdang. Kemudian camat meminta data kepaca masing-masing kepala desa.

 "Tapi saat penyerahan zakat, kita langsung yang menyerahkan kepada yang bersangkutan dimasing-masing kantor camat. Jadi tak ada istilahnya kita titipkan. Begitu juga penyerahan bantuan untuk pembangunan masjid atau mushola," papar Zulkarnain seraya menyebutkan bahwa bantuan zakat bagi fakir miskin dan guru ngaji Magrib dan muallaf dilakukan secara bergiliran. Begitu juga bantuan pembangunan masjid.

Zulkarnain berharap, jumlah zakat sampai Desember mendatang bisa lebih besar lagi. Sebab masih banyak pembayar zakat selama ini belum menyerahkan zakatnya.

Kata dia, sebenarnya potensi zakat di Deli Serdang cukup besar. Istimasinya bisa mencapai Rp 6 miliar. Namun jumlah tersebut belum pernah tercapai hingga saat ini.

"Ya mudah-mudahan kedepan jumlah zakat yang terkumpul bisa lebih besar lagi dibanding tahun lalu,"tutur Zulkarnain yang ketika itu didampingi Wakil Ketua II H Yusuf Hadi, Wakil Ketua III H Mujahiduddin dan Wakil Ketua IV H Surya Putra.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru