Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Deklarasi Damai Mahasiswa Deliserdang

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 16.16 WIB
Kali Dibaca |

Silaturahmi dan deklarasi damai mahasiswa Deliserdang dihadiri Wabup HM Ali Yusuf Siregar.

Lb Pakam, metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar didampingi  Asisten II Ekbang Putra Jaya Manalu menghadiri silahturahmi dan deklarasi damai organisasi mahasiswa Kabupaten Deli Serdang dalam rangka menjaga dan meningkatkan Kamtibmas di Wilayah Hukum Polresta Deli Serdang.

Hadir juga Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi beserta beserta Wakapolresta Deli Serdang AKBP Julianto Sirait, Kadisnaker Binsar TH Sitanggang, Kaban Kesbangpol Togar Panjaitan, Inspektur Edwin Nasution, perwakilan Ormas mahasiswa yang hadir bertempat di Aula Tribata Mapolres Deli Serdang, Kamis (22/10/2020) sore.  

Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi mengatakan terkait Kamtibmas membenarkan sikap mahasiswa untuk tetap kritis namun harus dibatasi. Beliau juga menyinggung tentang penggunaan media sosial dan dampak negatifnya yang salah satunya adalah hoax serta  mengarahkan agar generasi muda untuk melanjutkan sosialisasi mengenai hoax sehingga masyarakat luas dapat tersedukasi dan bijak dalam menggunakan media sosial. 

Bersamaan dengan itu, beliau juga membahas tentang Demo dan unjuk rasa yang terjadi karena Omnibus law  yang terjadi di beberapa daerah. Kapolresta mengharapkan agar mahasiswa menjadi teladan dalam menyampaikan aspirasi secara konstitusional dan mencegah anariksme apalagi dimasa covid-19 seperti sekarang ini. 

Kapolresta menyarankan agar mahasiswa dapat tetap kritis dalam hal ini dan dapat melakukan gugatan tentang beberapa pasal dalam Omnibus law secara konstitusional seperti yang sudah dilakukan di daerah lain.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar  menyampaikan kata sambutan yang cukup berkesan. Dalam pidatonya, beliau dengan tegas menyampaikan agar kabupaten Deli Serdang biar kondusif dan aman tanpa ada gangguan dari luar. Dalam isu Omnibus law yang belakangan menjadi sorotan tentu banyak pihak yang mengambil kesempatan dalam momen ini, ada yang mengkritisi dan ada juga yang memperkeruh keadaan. Beliau juga mengingatkan bahwa pemerintah tidak mungkin menyengsarakan rakyatnya malah sebaliknya bahwa pemerintah mengusahakan yang terbaik.

Mengenai Omnibus law yang mengundang banyak reaksi dari seluruh lapisan masyarakat, Wabup memuji Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi yang tidak terpengaruh dengan provinsi atau daerah lain. Namun Gubernur dengan bijak mengundang mahasiswa untuk mengupas pasal yang ada dalam omnibus law dan berharap hasil dari diskusi tersebut berbuah baik.

Wakil Bupati mengingatkan agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak luar atau oknum yang ingin memperkeruh negara ini. Beliau sangat berharap agar Kabupaten Deli Serdang lebih baik lagi kedepannya dan beliau mengarahkan agar kedepannya tidak terjadi lagi unjuk rasa tetapi sebagai pengganti unjuk rasa, mashasiswa dapat melakukan diskusi atau bertukar pikiran dengan pemerintah terkait.

Sebelumnya perwakilan dari organisasi mahasiswa, Tareq Adel memberikan  penghormatan kepada Wakil Bupati, Kapolresta, Wakapolresta dan Asisten II besera organisasi mahasiswa yang hadir. 

Tareq Adel menyampaikan bahwa mahasiswa Deli Serdang  mengiginkan kedamaian dan mendukung Kamtibmas khususnya di Kabupaten Deli Serdang. Ia juga menyinggung sedikit demo yang terjadi belakangan ini di beberapa kabupaten lain yang dapat merusak kedamaian di daerah dan untuk ini perlu ditumbuhkan lagi kesadaran untuk Kamtibmas.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru