Kadisdik Batu Bara, Ilyas : Kajian Pengembangan Muatan Lokal Adalah Keperluan Bersama

Editor: metrokampung.com
IIyas Sitorus saat menerima rombongan Dekan UISU di ruang kerjanya.

Batu Bara, Metrokampung.com
Sebagai tindaklanjut MoU antara Pemerintah Kabupaten Batu Bara, dalam hal ini Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP dengan Rektor  Universitas Islam Sumatera Utara Dr. Yanhar Jamaluddin, M.AP.,   Dinas Pendidikan kembali lagi melakukan MoA yang hari ini  dengan  Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara. 

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus usai Melaksanakan MoA bertempat di Ruang Kerja Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara di Perupuk Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (19/11/20). 

Masih menurut Ilyas bahwa MoA kali ini khusus menyangkut tentang Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Kabupaten Batu Bara. Hal ini sangat perlu,  karena Muatan lokal dalam kurikulum adalah merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menenamkan dan menumbuhkan kearifan lokal dalam kehidupan. 

Hal ini merupakan sebentuk peluang untuk mengenalkan kearifan-kearifan lokal dalam bentuk representasi kehidupan yang lebih  bermakna, papar Mahasiswa Program Doktor Managemen Pendidikan Unimed ini. 
Ilyas juga menyampaikan bahwa Kearifan lokal berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumberdaya alam. Kearifan lokal juga berfungsi untuk mengembangkan sumber daya manusia serta dapat berfungsi sebagai pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan dan juga berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan, terang Ncekli safaan akrab Kadisdik ini. 

Masih menurut Ilyas kearifan lokal merupakan bagian dari budaya dalam masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari kalangan masyarakat itu sendiri yaitu kearifan lokal. Ia dapat memanipulasi budaya dengan kehidupan ilmiah dan dapat memahami berbagai macam sains, tambah Ilyas. 

Sementara Dekan Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara, Dr. Purwanto Siwi, M.A., menyampaikan MoA ini merupakan lanjutan MoU yang telah di bangun pada tanggal 12 Agustus 2020 yang lalu  antara Pemerntah  Kabupaten Batu Bara dalam hal ini di tandatangani Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP bersama dengan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara Dr. Yanhar Jamaluddin, M.AP di Kampus UISU Jalan SM Raja Medan. 

Masih menurut Purwanto Kerjasama ini bertujuan untuk melaksanakan hubungan kerja kelembangaan dan kekeluargaan antara kedua belah pihak dalam mengembangkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, khususnya terkait dalam bentuk kajian pengembangan muatan lokal di Kabupaten Batu Bara, papar Purwanto. 
Kami berharap dukungan dari semua pihak sehingga Kajian Pengembangan Muatan Lokal di Batu Bara ini dapat kita wujudkan dengan baik selanjutnya akan menjadi kekayaan kita bersama sekaligus sebangai bekal buat anak cucu dan keturunan kita kelak, unggap Purwanto. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut selain Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus, Kabid Kebudayaan Halimah, Kabid PNFI dan PAUD Azwar, Kasubbag Umum Ahmadi  dan dari pihak Fakultas Sasrltra UISU Hadir  Dekan Fakuktas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara, Dr. H. Purwanto Siwi, M.AP, Purwarno, SS, M.A, (Wakil Dekan I - Akademik dan Dakwah Islamiah, Susi Eka Lestari, SS, M.Hum (Wakil Dekan II - Sumber Daya & Keuangan), Sri Wulan, SS, M.S. (Wakil Dekan III - Kemahasiswaan, Alumni & Kewirausahaan), Drs. H. Azmir Pasaribu, MA (Mantan Wakil Rektor  IV - Kerja sama 2012 - 2016).(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini