Wabup Deliserdang Pimpin Apel Penanggulangan Bencana

Editor: metrokampung.com
Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar memeriksa barisan tim penanggulangan bencana di Lapangan Alun-alun pemkab setempat.

Lb Pakam, metrokampung.com
Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar mengatakan berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dinyatakan bahwa wilayah negara Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang berpotensi menimbulkan terjadinya bencana. Baik yang disebabkan oleh faktor alam, non alam  maupun manusia.

"Seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan bencana - bencana lainnya," kata Yusuf Siregar selaku Irup pada apel dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Deli Serdang berlangsung Lapangan Alun-alun, Senin (9/11/20).

Pada kesempatan itu, Yusuf Siregar menjelaskan,apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Kabupaten Deli  Serdang tujuannya untuk meningkatkan koordinasi, integrasi, kesiapsiagaan dan sinkronisasi bersama dalam menghadapi serta menanggulangi setiap bencana alam yang mungkin terjadi. Sekaligus untuk menguji kemampuan dan keterampilan dalam memobilitasi sumber daya dan pengoperasian sarana prasarana yang dimiliki dalam menghadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Melihat kondisi yang demikian, tambahnya, maka kesiapsiagaan dalam mengantisipasi setiap bencana, sangatlah diperlukan. 

"Kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini. Sekalipun saat ini wilayah Deli Serdang berada pada kondisi yang aman. Namun kita harus tetap siap siaga dan selalu  waspada, apabila sewaktu-waktu hal itu terjadi. Sebab kita menyadari bahwa bencana alam memang tidak dapat ditolak.Tetapi bagaimana dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat  bencana alam tersebut,"papar Yusuf Siregar

Turut hadir Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi, Kasdim Mayor  Inf Toto Triyanto, Danbrigif 7 Rimba Raya, Letkol Inf M Faizal Nasution, Danyon Armed 2/105 Letkol Arm Hendrik Setiawan dan juga Wadan Den Pom Dam/1BB. Termasuk Kasatpol PP, Suriyadi Aritonang , Kadishub Jannes Manurung, Kepaka BPBD Zainal Abidin Hutagalung, Kadis Sosial Hendra Wijaya.

Para peserta apel terdiri dari anggota TNI, Polri, Pemkab, TAGANA Kabupaten Deli Serdang, PMI, Ormas  Kepemudaan, Karang Taruna, dan pramuka.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini