Pengikut

SUMUT

NASIONAL

21 Pegawai Positif Covid Puskesmas Negeri Lama Ditutup Sementara

Selasa, 08 Desember 2020 | 22.59 WIB
Kali Dibaca |

Kadis Kesehatan Labuhanbatu Kamal SKm memberikan obat- obatan berupa vitamin dan masker kepada Kepala Puskesmas Negeri Lama, Sukiyem S.Tr.Keb di ruang data Puskesmas Negeri Lama.

Labuhan Batu, metrokampung.com
Berawal dari seorang tenaga medis Puskesmas Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu berinisial KY warga Kelurahan Negeri Lama, Puskesmas Negeri Lama melakukan test swab dan dilanjut kepada seluruh tenaga medis dan beberapa orang warga pada Senin (30/11/2020) lalu. 

Hasil Test Swab yang dikeluarkan dari  laboratorium Universitas Sumatera Utara (USU) pada Kamis (3/12/2020) dinyatakan sebanyak 21 tenaga medis Puskesmas Negeri Lama dan 7 warga positif virus covid 19 orang tanpa gejala (OTG). 

"21 orang tenaga medis dan 7 omwarga dinyatakan positif virus covid 19. Atas kejadian itu maka Puskesmas Negeri Lama kita lockdownkan untuk sementara waktu dan tidak bisa kita tentukan sampai kapan. Kita akan lihat dulu perkembangannya,"kata Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Kamal SKm di ruang data Puskesmas Negeri Lama, Senin ( 7/12/2020).


Atas lockdownnya Puskesmas Negeri Lama, lanjutnya, bagi warga yang mau berobat dialihkan ke Puskesmas Pangkatan dan Puskesmas Tanjung Haloban. 

"Kondisi para tenaga medis itu hingga saat ini baik - baik saja dan mereka melakukan isolasi mandiri. Saya berharap kita semua tetap semangat dan jangan berputus asa atau ketakutan yang berlebihan. Jaga kesehatan, patuhi protokoler kesehatan. Gunakan masker kemana pun berpergian,"sebut Kamal. 

Di kesempatan itu, Kamal juga menghimbau kepada Muspika Bilah Hilir agar tidak mengijinkan kegiatan keramaian seperti pasar malam dan lainnya. 

"Saya juga himbau masyarakat patuhi protokoler kesehatan, jangan anggap sepele apa yang telah disampaikan oleh pemerintah tentang bahaya virus covid 19,"imbuhnya. 

Selain itu, Kamal meminta kepada Camat Bilah Hilir Bangun Siregar SPd agar membuat selebaran dan memberikan informasi tersebut kepada masyarakat melalui para kepala desa.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Negeri Lama Sukiyem S.Tr.Keb berharap kepada para anggotanya agar tetap semangat dan menjaga kesehatan. 

"Selama ada tenaga medis yang terkena virus covid 19, kita juga berikan vitamin kepada anggota, bagi yang tugas malam kita siapkan puding buat mereka. Sebab, yang paling rawan terkena virus covid 19 adalah tenaga medis,"terang Sukiyem seraya menjelaskan esok akan melakukan pembagian masker di Pekanan Selasa Negeri Lama. 

Masih kata Sukiyem, ada pun tenaga medis yang terkena virus covid 19 terdiri dari 1 petugas pria dan 20 wanita. Mereka berinisial   AP,  KY,  RH,  MZ, SP, TS, RP,  ML, ZK, FN, BY, FF, EM, AD, ML, EN, BR, IS, ZR, RN, YT. 

Sedangkan 7 warga yang terkena virus covid 19 terdiri dari 4 orang pria dan 3 orang perempuan yakni BN, RM, BR dan PI. Sedangkan yang wanita EM, RS, dan LH. 

"Semuanya isolasi mandiri, hari ini saya dan beberapa pegawai dari dinas kesehatan akan langsung door to door ke rumah anggota kita yang terkena virus covid 19 untuk memberikan vitamin dan spirit buat mereka agar tetap semangat,"ungkapnya. (hasyim/mk).


Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru