Pembukaan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2020 Kodim 0204/DS

Editor: metrokampung.com
Wabup menghadiri pembukaan apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2020 Kodim 0204/DS.

Lb Pakam, metrokampung.com
Sepanjang sejarah pengabdiannya, TNI sebagai tentara pejuang yang lahir dari rakyat tetap konsisten melaksanakan darma baktinya dalam mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditunjukkan melalui sikap mental kejuangan yang optimistik, penuh kedisiplinan dan kemauan yang kuat. 

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar saat menghadiri Pembukaan Apel Danramil dan Babinsa tersebar TA 2020 Kodim 0204/DS bertempat di Balairung Pemkab Deli Serdang, Kamis (3/12/20) di Lubukpakam.

Hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Tim Waslakgiat Rem 022/PT Pasi Bin Puanter Rem 022/PT Mayor Inf Sukaraito, Kepala OPD terkait, Kasdim 0204/DS, Perwira Staf Kodim 0204/DS, para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0204/DS.

Selanjutnya, Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengatakan kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga tampak terlihat jelas ketika para prajurit TNI ikut ambil bagian dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, terutama di masa - masa merebaknya pandemi Covid 19. 

"Hal ini membuktikan bahwa TNI tidak dapat  dipisahkan  dengan  rakyat,"tegas Wabup

Hari ini, lanjut Wabup, kita melaksanakan kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparat komando wilayah di tingkat Koramil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan bina teritorial, dalam menyikapi sekaligus mencermati perkembangan situasi keamanan yang terjadi di tengah - tengah masyarakat.

Sebagai penutup, Wakil Bupati mewakili Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sangat  berterima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh prajurit tni selama ini, dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan apel Danramil dan Babinsa tersebar ini.

Sebelumnya, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara dalam pembukaan Apel Dandramil Dan Babinsa tersebar TA 2020 Kodim 0204/DS antara lain mengatakan bahwa perlu disampaikan bahwa Apel Danramil dan Babinsa tersebar yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari Apel Danrem, Dandim Terpusat TNI AD Tahun 2020 bertempat di Mabesad pada tanggal 12 November 2020.

"Saya berharap kepada seluruh peserta kiranya dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk memahami kebijakan dan petunjuk pimpinan TNI-AD dalam rangka menjabarkan strategi pembinaan teritorial dalam membantu pemerintah dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu kesulitan rakyat termasuk di tengah Pandemi covid-19 ini maupun untuk kepentingan pertahanan negara.

Jangan sampai ada yang beranggapan bahwa pelaksanaan apel Danramil dan Babinsa ini hanya merupakan bagian rutin dari pelaksanaan program kerja dan anggaran saja. Lebih dari itu hendaknya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan Aparat Komando Kewilayahan dalam menangani berbagai permasalahan aktual yang terjadi di wilayah masing-masing serta diperoleh kesamaan visi, persepsi dan interprestasi melalui sikap dan tindakan dilapangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat dan Kodim 0204/DS pada khususnya,"jelas Dandim.

Kesamaan visi, persepsi dan interpretasi ini secara aplikatif harus mengacu kepada Lima Kemampuan Teritorial yaitu Kemampuan emu Cepat Lapor Cepat, Kemampuan manajemen Teritorial, Kemampuan Penguasaan Wilayah, kemampuan Pembinaan Perlawanan Rakyat dan Kemampuan Komunikasi Sosial. 

Lima Kemampuan Teritorial ini harus dimiliki oleh para Babinsa dan diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang handal, sehingga para Babinsa sebagai ujung tombak pembinaan teritorial di wilayah secara aplikatif di lapangan dapat mewujudkan aparat komando kewilayahan yang profesional.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini