TP PKK Deliserdang Kampayekan Stop BABS

Editor: metrokampung.com
Tim PKK Deliserdang bersama USAID dan Iuwash Plus mengkampayekan stop buang air besar sembarangan.

Lb Pakam, metrokampung.com
Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan membuka acara FDG (Focus Group discussion) tentang Strategi percepatan akses sanitasi berbasis pasar. Pelaksanaan forum diskusi ini diselenggarakan antara PKK Kabupaten Deli Serdang dan USAID Indonesia Urban Water And Sanitation dan Hygiene Penyehat Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS), bertempat di Aula Kantor PKK Deli Serdang, Selasa (1/12/20) di Lubukpakam.

Acara ini juga dihadiri antara lain, dari PKK Kabupaten Deli Serdang Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista, Kadis PMD Citra Efendi Capah, Kadis Kominfo Haris Binar Ginting, Camat Labuhan Deli, Sibolangit, STM Hilir bersama Kepala Puskesmas, mewakili OPD terkait, Tim Pokja IV TP PKK Kabupaten Deli Serdang. 

Hadir dari USAID IUWASH PLUS, Regional Manager USAID IUWASH PLUS  Sumatera Utara Muhammad Yagi, IUWASH Plus Deli Serdang Mhd Rezeki Sitorus dan tim.

Dalam pembukaan forum diskusi ini, Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan mengatakan pada hari ini kita dapat hadir dalam rangka menindaklanjuti salah satu program yang telah kita laksanakan, dalam upaya membangun tanki septik kedap secara swadaya yang terintegrasi. Namun masih banyak yang kita dapati adanya masyarakat membuang kotorannya sembarangan. 

"Oleh karenanya pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk dapat mendiskusikan tentang pentingnya peran masyarakat dalam meningkatkan untuk tercapainya kondisi Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS),"bilang istri Bupati.

Kita, lanjutnya, harus terus berusaha untuk mengkampanyekan Stop Buang Air Besar Sembarang (Stop BABS) kepada seluruh masyarakat yang ada di Deli Serdang. Dan Kepada Tim yang ada di Kabupaten maupun di Kecamatan untuk terus meningkatan jumlah pembangunan tangki septik kedap untuk masyarakat.

"Ikut sertakan masyarakat melalui ibu-ibu PKK Desa dan Kecamatan. Sehingga masyarakat Deli Serdang terbebas dari BABS,"tutur Ketua TP PKK Deli Serdang

Untuk itu, Ketua TP PKK Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada IUWASH PLUS Medan yang selama ini telah banyak membantu kami memberhasilkan kegiatan sanitasi dalam membangun tanki septik kedap di Kabupaten Deli Serdang ini.

Regional Manager USAID IUWASH PLUS  Sumatera Utara yang juga sebagai narasumber Focus Group Discussion (FDG) Muhammad Yagi menjelaskan tentang percepatan akses sanitasi berbasis pasar di Kabupaten Deli Serdang. Sanitasi berbasis pasar merupakan program berdurasilima tahun delapan bulan yang dirancang untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dalam layanan sanitasi serta perbaikan perilaku higiene  bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.

Dan di Forum ini dijelaskan juga tentang tersedianya tenaga tukang yang terampil dalam membangun tangki septik kedap, tersedianya lembaga keuangan mikro untuk pembiayaan sanitasi. Dan menjelaskan skema microfinance dengan sistem arisan, perubahan yang terjadi di masyarakat dan tersedianya Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) di Kabupaten Deli Serdang.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini