Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Wakil Bupati Terpilih Kembali sebagai Kwarcab Pramuka Kabupaten Deliserdang

Senin, 14 Desember 2020 | 21.00 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Ashari Tambunan mewakili Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) H Budi Waseso menyerahkan penghargaan kepada 22 orang yang telah berjasa dalam pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka Deliserdang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan membuka Musyawarah Cabang Gerakan pramuka Deli Serdang tahun 2020 di Aula Taman Pramuka,  Sabtu (12/12/2020).  

Muscab yang ditandai pemukulan gong yang dihadiri Wakil Bupati yang juga Ka Kwarcab Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Kapus Litbang Kwardasu Nasrun Husni Lubis,  Hj Yunita Ashari Tambunan,  Hj Sri Pepeni Handayani, anggota Mabicab, Kwarcab dan 22 Kwarran se- Deli Serdang.

Bupati Ashari Tambunan selaku Ketua Mabicab mengatakan Kwartir Cabang gerakan pramuka Deli Serdang adalah rumah besar yang berguna sebagai alat pendidikan bagi generasi muda. Hadir diterima dan dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat lewat satuan karya pramuka.

"Hal inilah yang menempatkan mengapa kaum muda Deli Serdang yang aktif dalam kegiatan kepramukaan di posisikan sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI,"kata Bupati.

Oleh karenanya, Bupati juga mengatakan tidaklah berlebihan kalau gerakan pramuka disebut juga lembaga perjuangan di luar TNI-AD dan Kepolisian sesuai Keppres Nomor 448 Tahun 1961 tentang penetapan panji gerakan pramuka.

Menurut Bupati bukan semata-mata untuk pergantian kepengurusan akan tetapi lebih dari itu melalui Muscab diharapkan akan melahirkan ide kreatif, inovatif untuk lebih menyempurnakan sekaligus memaksimalkan seluruh potensi baik SDM, sistem pembinaan maupun manajemen organisasi yang tujuan akhirnya untuk masa depan.

Ka Kwardasu Gerakan pramuka H Nurdin Lubis melalui Kapus Litbang Nasrun Husni Lubis mengatakan Musyawarah Cabang merupakan forum tertinggi dalam melaksanakan gerakan pramuka pada tingkat Kwartir Cabang yang pelaksanaannya sekali dalam 5 tahun diakhir masa bhakti dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pramuka yang harus didukung penataan dan penguatan organisasi.

"Gerakan pramuka harus bisa menjadi salah satu wadah edukasi yang dapat dimanfaatkan sebak-baiknya dalam membina generasi penerus bangsa,"sebutnya.

Sementara itu, Ka Kwarcab gerakan Pramuka Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya mengatakan selama masa kepengurusannya Kwarcab gerakan pramuka Deliserdang begitu bervariasi, bahkan kejadian yang dihadapi semua adalah dinamika dalam berorganisasi.  

Namun amanah Muscab harus tetap dilaksanakan dan dikembangkan agar gerakan pramuka Deliserdang sebagai Kabupatennya Pramuka semakin bernilai bagi kaum muda dan masyarakat Kabupaten Deliserdang.

Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota pramuka yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin kembali gerakan pramuka di Kabupaten Deliserdang.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana Muscab gerakan pramuka Deliserdang Mukhlis Muchtar dalam laporannya menjelaskan Muscab ini menghadirkan utusan yang terbatas sebanyak 56 orang yang berasal dari Ka Mabiran, Ka Kwarran, unsur Kwarcab, Mabicab yang seluruhnya sebanyak 56 orang. Dari jumlah itu mereka sepakat untuk memilih dan mengangkat kembali HM Ali Yusuf Siregar sebagai Ka Kwarcab Gerakan Pramuka Deliserdang priode 2020-2025.

Pada kesempatan diberikan penghargaan dari Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) H Budi Waseso kepada 22 orang yang telah berjasa dalam pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka Deliserdang yakni Lencana Melati, Darma Bakti, Karya Bakti dan Pancawarsa. Diantaranya Wakil Ketua Kwarcab Drs. H Idris M.Pd penghargaan melati, Wakil Ketua Mabicab Hj. Yunita Ashari Tambunan mendapat penghargaan Darma Bakti dan Anggota Mabicab Sri Pepeni Yusuf Siregar mendapat penghargaan Darma Bakti.

Hasil Rapat Pleno Musyawarah Cabang (Muscab) Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar kembali memimpin Kwarcab Pramuka Kabupaten Deli Serdang karena mendapat kepercayaan penuh dari semua peserta Muscab.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru