Pengikut

SUMUT

NASIONAL

4 Warga Asal Aceh Bawa 2 Kg Sabu Tujuan Surabaya

Minggu, 07 Februari 2021 | 13.24 WIB
Kali Dibaca |

Keempat warga asal Aceh kedapatan bawa 2 kg sabu di Bandara KNIA.

Kualanamu, metrokampung.com
Usaha 4 warga asal Aceh membawa 2 kg sabu ke Surabaya berhasil digagalkan oleh Petugas Avsec Bandara Kualanamu Deli Serdang.
 
Kini, keempatnya telah diserahkan ke Polda Sumut untuk proses lebih lanjut.
 
Mereka yang diamankan masing masing bernama Musliadi (25) warga Desa Lhok Plambidang Kabupaten Aceh Utara, Musliadi Cut Ben (25) warga Desa Blang Adam Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur, Munthazir Fajhrimuja (21)  warga Desa Glumpang Payong, Kecamatan Bakti Kabupaten Aceh Utara dan M Soleh (22) warga Desa Bungket Linteung Kecamatan Langkahan Aceh Utara.
 
Informasi diperoleh menyebutkan, keempatnya merupakan calon penumpang pesawat Citilink rute Kualanamu - Jakarta - Surabaya keberangkatan Sabtu (6/2/21) sekira pukul 14.00 wib. Untuk mengelabui petugas di bandara, sabu asal daerah Panton Labu Aceh itu dipisah-pisah dan disembunyikan di dalam sepatu masing masing tersangka.
 
Para tersangka diciduk berawal dari tertangkapnya salah seorang ketika melewati area Security Check Point' (SCP2)  di lantai dua terminal penumpang bandara Kualanamu. Saat akan melewati area ex-ray petugas melihat keganjilan dengan sepatu yang digunakan M Soleh  salah seorang tersangka karena tampak kebesaran dan gerak gerik mencurigakan.
 
Petugas langsung melakukan pengecekan dan pemeriksaan bodi di ruang khusus lalu menemukan 4 bungkus plastik narkoba  warna hitam diduga sabu dalam sepatunya.
 
Kepada petugas Soleh  mengaku dirinya berangkat bersama dengan 3 orang temannya. Dibantu petugas CCTV kemudian dilakukan pencarian terhadap pelaku lainnya dan berhasil ditangkap di area Gate 11 ruang tunggu keberangkatan penumpang.

Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, petugas Avsec bandara Kualanamu menemukan bungkusan plastik narkoba yang disembunyikan di dalam sepatu masing masing tersangka. Lalu keempat tersangka digelandang ke Pos Avsec untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 
Saat pemeriksaan di Pos Avsec oleh petugas Kepolisian Satnarkoba Polda Sumut, keempat tersangka mengaku hanya kurir yang mendapat barang dari daerah Panton Labu Aceh dan rencananya akan dibawa ke Surabaya melalui penerbangan  pukul 14.00 wib siang dengan pesawat Citilink rute Kualanamu - Jakarta - Surabaya.
 
Dari tersangka, petugas mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya 16  bungkus plastik berisikan sabu dengan berat kotor 2.069 gram, 5 buah hape milik tersangka, 4 buah tas berisi pakaian uang tunai Rp 6.484.000, tanda pengenal, Kartu ATM dan kartu identitas lainnya.
 
Manager Avsec Bandara Kualanamu Mira Ginting membenarka. kalau anggotanya berhasil mengamankan 4 pria penyelundup sabu lebih kurang 2 kilogram yang akan diseludupkan ke Surabaya transit Jakarta.
 
"Barang bukti kurang lebih sebanyak 2 kilogram dan bersama 4 tersangka kami serahkan ke pihak Kepolisian Polda Sumut untuk proses penyidikan lebih lanjut," jelasnya.(dra/mk
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru