Bupati Ashari Tambunan Buka MTQ ke-54 Deli Serdang

Editor: metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan memukul bedug tanda dibukanya MTQ Deli Serdang ke 54 di Pondok Pesantren Mawaridussalam,Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis.

Bt Kuis, metrokampung.com
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 54 tingkat Kabupaten Deli Serdang di Pondok Pesantren Mawaridussalam Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis, Senin (22/2/21).
Bupati Ashari Tambunan mengatakan, Al-qur’an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.Karena,keluhuran nilai agama dalam alqur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup perlu untuk terus dikembangkan bagi proses pendidikan.Baik formal maupun informal.

“Atas dasar itulah MTQ digelar rutin setiap tahunnya dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan sekaligus pengamalan isi kandungan yang tersirat maupun tersurat dalam kitab suci Al-qur’an,” kata Ashari.

Menurut Ashari Tambunan, kegiatan MTQ tidak hanya dijadikan sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-qur’an semata,tetapi harus dapat dijadikan sebagai momentum syiar dan dakwah untuk membumikan Al-qur’an.

Sekaligus memberi pemahaman yang mendalam kepada masyarakat khususnya ummat islam untuk lebih memahami isi kandungan alqur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berpesan khususnya kepada panitia dan peserta untuk tetap menjaga serta menerapkan protokol kesehatan.Sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sukses.Saya juga berharap melalui kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 22-26 Februari 2021 ini untuk bersama-sama mendoakan agar pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung di seluruh wilayah Tanah Air, termasuk Deli Serdang kiranya segera berakhir,” paparnya seraya meminta kepada seluruh kafilah yang ikut bertanding untuk dapat menampilkan yang terbaik.
Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Syahri dalam sambutannya mengatakan, Al-qur’an sebagai kitab suci umat Islam yang diwahyukan melalui Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang rahmatan lil alamin.
Karena kitab suci Al-qur’an adalah sebagai pedoman dan pegangan hidup ummat Islam untuk keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.
Sebelumnya, Ketua panitia MTQ ke 54 Tingkat Kabupaten Deli Serdang yang juga Kabag Kesra Setdakab Deli Serdang, Mukti Ali Harahap dalam laporannya menjelaskan, kegiatan MTQ tersebut dimulai pada tanggal 22-26 Februari 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 680 orang.

Sedangkan cabang yang dilombakan terdiri dari Qiraat Sab’ah Remaka dan Cacat Netra, Tahfiz, Fahmil Qur’an, Makalah Ilmiah Al-qur’an, Khattil Qur’an, Syarhil Qur’an, Hifzil Qur’an 1, 5, 10,20 dan 30 Juz, Tafsir Qur’an Bahasa Arab, Indonesia, Inggris dan Hadist.
Kegiatan yang tetap menerapakan prokes tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi,Sekdakab Darwin Zein, Ketua TP PKK Deliserdang Hj Yunita Ashari Tambunan,Wakil Ketua Hj. Sri Pepeni Yusuf, Ketua DWP Herawati Darwin,Ketua MUI H.Arifin Marpaung, Ketua LPTQ Dr H. Sugeng Wanto, para asisten,kabag, pimpinan OPD dan camat se Kabupaten Deli Serdang (dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini