Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Muryanto Amin: USU Siapkan “Exist Program” agar Lulusan USU Miliki Dua Kompetensi

Senin, 22 Februari 2021 | 15.46 WIB
Kali Dibaca |

Rektor USU Dr MUryanto Amin S Sos MSi melantik wisudawan-wisudawati secara daring, Senin (22/2/2021).

Medan, Metrokampung.com
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi mewisuda 827  lulusan pada Wisuda USU Periode II Tahun Akademik 2020/2021 secara daring, Senin (22/2/2021).

“Saya hadir untuk pertama kalinya sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026. Tentu, bagi saya pribadi, hari ini adalah momentum yang sangat baik dalam mengawali periode kepemimpinan di Universitas Sumatera Utara,” ujar Dr Muryanto.

Para wisudawan dan wisudawati tersebut telah menyelesaikan studinya mulai dari Desember 2020 hingga Januari 2021, dengan rincian Program Doktor 9 orang, program Magister 146 orang, program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 1 orang, program Pendidikan Dokter Spesialis 23 orang, program Dokter Jenjang Magister 12 orang, pendidikan Profesi 9 orang, program Sarjana 578 orang dan program Diploma 49 orang.

Saat ini, kata Rektor, USU telah menyiapkan program-program strategis dalam rangka transformasi tersebut. Di antaranya, posisi USU yang saat ini memiliki banyak kemajuan dan prestasi, harus diimbangi dengan perbaikan-perbaikan yang sifatnya fundamental maupun teknikal secara berkelanjutan. 

USU juga telah menyiapkan “Exist Program” yang akan diterapkan dalam kebijakan umum selama lima tahun yang akan datang. “Exist Program” tersebut di antaranya adalah Excellent Human Integrity, Smart Friendly and Green Campus, Global Society Impact, Good University Governance dan Sustainable Funding.

Tujuan kebijakan umum “Exist Program” dimaksudkan agar lulusan USU memiliki dua kompetensi sekaligus. Pertama memiliki moralitas serta ke-Indonesiaan yang kuat. Kedua, memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia industri sekaligus mampu memberikan kontribusi terhadap masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat.

“Kebijakan umum tersebut, akan diimplementasikan dalam program-program kerja prioritas, yang kesemuanya dimaksudkan agar lulusan USU mampu bersaing di tengah hiper kompetisi, mampu menjadi pemenang di tengah persaingan global serta cepat mengatasi kendala yang dihadapi akibat disrupsi pada era Revolusi Industri 4.0,” ujarnya.

Saat ini, implementasi program kerja selama tahun 2021-2026, pada tahun pertama yaitu 2021 adalah fokus meletakkan fondasi yang kuat seperti rancangan penyesuaian peraturan agar lebih agile dan learner dalam pengelolaan kampus. Dekonstruksi kurikulum menjadi sangat penting untuk mempersiapkan lulusan USU yang memiliki solusi dari masalah yang spesifik namun memiliki perspektif yang global (global perspective) dalam Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.
 
Penerimaan Mahasiswa Baru
USU saat ini juga tengah mempersiapkan diri dalam penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri USU. Yakni melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), Seleksi Masuk Mandiri (SMM) dan Seleksi Masuk Program Diploma (SMPD).

USU telah mempersiapkan dengan membentuk tim untuk melakukan sosialisasi jalur-jalur masuk perguruan tinggi ke beberapa daerah di Sumatera Utara yang dilaksanakan secara luring dan daring.

Sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada siswa, masyarakat atau stakeholder terkait tentang mekanisme dan tata cara yang harus dilakukan agar bisa mengikuti seleksi.

 “Kita juga berharap, bahwa seleksi masuk perguruan tinggi dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan meski diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19,” katanya.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru