Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Resmikan Program Beli Kreatif Danau Toba, Presiden Jokowi Puji Kopi Khas Sidikalang yang Sudah Kesohor

Senin, 22 Februari 2021 | 00.11 WIB
Kali Dibaca |



Silahisabungan, metrokampung.com
"Kawasan Danau Toba termasuk para pelaku UMKMnya sudah dikenal banyak orang  karena potensi yang dimiliki seperti Kain Ulos dan Kopi Sidikalang yang sudah kesohor".

Demikian petikan sambutan Presiden Joko Widodo saat meresmikan program beli kreatif Danau Toba  secara virtual yang diikuti oleh Menparekraf Sandiaga Uno,  Anggota DPR- RI komisi III Hinca Pandjaitan, Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu, ketua Dekranasda Dairi Ny.Romy Mariani Eddy Berutu dan beberapa kepala daerah dikawasan Danau Toba bertempat dipelataran Hotel Debang Resort Silalahi, kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sabtu (20/02/2021).

Presiden menyebutkan Danau Toba sebagai salah satu dari kawasan DSP memiliki potensi ekonomi kreatif yang patut dikembangkan. 

"Paduan pariwisata dan hasil ekonomi kreatif yang layak digaungkan ke seluruh nusantara hingga dunia diharapkan akan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat industri digital," ungkap Presiden Joko Widodo.

Selain itu Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi dan memperkenalkan aplikasi Jaringan Pariwisata Hub (JP Hub) sebagai platfom daring yang diharapkan mampu menyukseskan dan mempromosikan Gerakan Beli Kreatif Danau Toba.

"Aplikasi ini akan menjadi pintu pengetahuan, pencarian, hingga pemesanan destinasi mulai dari tingkat provinsi hingga desa. Serta dilengkapi dengan atraksi wisatanya. Sudah waktunya pariwisata Indonesia tumbuh bersama ekonomi kreatifnya," jelas Presiden Joko Widodo.

Perlu diketahui Presiden Jokowi meresmikan gerakan Beli Kreatif Danau Toba sebagai upaya untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas (DSP).

Presiden Joko Widodo mengatakan gerakan ini merupakan lanjutan dari gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" yang tahun ini akan difokuskan untuk mengembangkan potensi daerah. "Pada tahun 2020, gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM yang 'onboard' ke platform e-commerce untuk meluaskan potensi pasar hingga nasional bahkan mancanegara," kata Joko Widodo.

Sementara itu, dalam satu rangkaian acara yang sama dari Hotel Debang Resort desa Silalahi kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu yang mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno,  Anggota DPR- RI komisi III Hinca Pandjaitan, dan beberapa kepala daerah dikawasan Danau Toba mengungkapkan rasa bangganya atas peluncuran program Beli kreatif Danau Toba yang didukung penuh oleh pemerintah pusat yang dirwsmilan langsung oleh Presiden Joko Widodo.





"Sebagai bagian dari kawasan Danau Toba, kabupaten Dairi khususnya desa Silalahi  patut berbangga dipercaya menjadi tuan rumah peluncuran Beli Kreatif Danau Toba, Namun suksesnya program ini perlu dukungan dari semua pihak untuk bergandengan tangan mendukung dan menyukseskan program ini," kata Bupati.

Dikatakan Bupati Program Kemenekraf ini, bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap pembelian dan penggunaan produk lokal sebagai berpartisipasi pada pemulihan perekonomian nasional.

Hadir juga melalui vidcon dari Institut Teknologi Del, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; serta Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny Gerard Plate.(TP/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru