Irjen Pol Panca Simanjuntak Resmi Jadi Kapoldasu

Editor: metrokampung.com
Irjen Pol Panca Simanjuntak  Kapoldasu yang baru.

Medan, metrokampung.com
Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak resmi menjabat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin setelah dilantik Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di Mabes Polri, Kamis (4/3/21).

 Listyo Sigit menyampaikan pesan kepada pejabat yang baru dilantik, terutama masalah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Dia mengatakan, para pejabat baru yang dilantik terutama Kapolda yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). “Pejabat baru agar melaksanakan PPKM mikro bagi yang masuk dalam 7 Polda. Sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan,” kata Listyo.

Dia mengingatkan munculnya varian baru Covid-19 yang sangat cepat penyebarannya, ia meminta kepada jajarannya untuk mengantisipasi hal itu. Karenanya, dia meminta jajarannya untuk cepat melakukan testing, tracing dan treatment (3T) dan memastikan anggotanya melaksanakannya dengan baik. “Berikan reward bagi anggota yang telah melakukan zona merah menjadi zona hijau,” katanya.

Mantan Kabarareskrim Polri ini juga meminta agar jajarannya selalu mengawal program vaksinasi nasional yang saat ini sedang berlangsung. Selain program penanganan Covid-19, dia juga memerintahkan jajarannya membantu pemerintah mengawal program pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.

“Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti UMKM. Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah berikan pendampingan agar dikawal,” katanya.
Anggota Polri, lanjut Listyo Sigit, diminta mendengar keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan memberikan solusi agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional. “Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal, maka perlu pendampingan dengan baik,” katanya.

Terakhir, dia mengingatkan jajarannya soal penanganan perkara dengan mengedepankan restorativ justice, agar rasa keadilan dirasakan dan diawasi pelaksanaan agar tidak terjadi penyelewengan. “Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian,” tandasnya.

Sementara Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan yang dikonfirmasi perihal pelantikan dan serah terima jabatan Kapolda Sumut tersebut membenarkannya. Namun dia belum menjelaskan, kapan Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mulai bertugas di Sumut. “Iya benar, sudah dilantik,” sebutnya. (dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini