Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Pemkab Deli Serdang Gelar Forum Perangkat Daerah

Selasa, 16 Maret 2021 | 10.31 WIB
Kali Dibaca |

Pemkab Deli Serdang Gelar Forum Perangkat Daerah 


Lb Pakam, metrokampung.com
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein S.Sos diwakili oleh Asisten II Putra jaya Manalu,membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah pembahasan rencana kerja (Renja) tahun 2021 di Wing Hotel Jalan Arteri Kualanamu, Senin (15/3/21).
 
Forum Perangkat Daerah ini akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15 hingga 17 Maret 2021.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Bappeda Deli Serdang,Remus Hasiholan Pardede,para staf ahli, kepala OPD, Camat se Deli Serdang.
Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein dalam sambutanya yang disampaikan Asisten II Putra Jaya Manalu menyampaikan, proses perencanaan partisipatif merupakan proses perencanaan atas bawah (top down) dan bawah atas (bottom up) yang diselaraskan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Kemudian secara teknis berbagai keputusan dalam pelaksanaan pembangunan dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan secara berjenjang. Salah satu jenjang atau tahapan yang merupakan rangkaian sistem perencanaan tersebut, adalah forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah.

“Forum ini cukup strategis karena akan mempertemukan usulan yang bersifat spasial atau kewilayahan berdasarkan kecamatan, dengan usulan yang bersifat teknis dari perangkat daerah yang dirumuskan berdasarkan target capaian  sasaran dan prioritas pembangunan tahun 2022.Hasil kedua sumber usulan inilah yang akan menghasilkan renja perangkat daerah yang bercirikan aspiratif.Disamping itu mampu memenuhi prioritas pembangunan yang telah ditetapkan,” kata Darwin Zein.

Sebelumnya Jeffrey Siregar selaku Ketua panitia penyelenggara mengatakan, maksud diselenggarakannya forum ini agar tersusunnya Rancangan Renja Perangkat Daerah dan RKPD Kabupaten Deli Serdang tahun 2022.

Sementara Kepala Bappeda Deli Serdang, Remus Hasiholan Pardede dalam paparanya juga menjelaskan, prioritas pembangunan tahun 2022 diantaranya peningkatan kualitas mutu pendidikan, kesehatan dan pembangunan sosial, pengembangan aksesibilitas dan kewilayahan, optimalisasi komoditas dan produk unggulan daerah yang berdaya saing, pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Perangkat daerah terkait harus mampu menerjemahkan prioritas pembangunan ke dalam bentuk proyek prioritas beserta targetnya, dan tercermin dalam Rancangan Akhir Renja Perangkat Daerah pada Musrenbang Kabupaten,”papar Remus. (dra/mk)


Teks foto :
Asisten II Putra Jaya Manalu membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah pembahasan rencana kerja (Renja) tahun 2021 di Wing Hotel Jalan Arteri Kualanamu.

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru