drg Ester Raflesya Bellsayda Sitompul, Ingin Jadi Lurah Untuk Melayani Masyarakat

Editor: metrokampung.com

drg Ester Raflesya Bellsayda Sitompul.


Medan, Metrokampung.com
Punya tekad kuat mengabdikan diri untuk bangsa, khususnya masyarakat menjadi keinginan drg.Ester Sitompul sejak kecil. 
Baginya, dokter bukanlah profesi yang kerjanya hanya di ruangan bertemu pasien dan memberikan obat. Menjadi dokter itu sekaligus meningkatkan taraf kesehatan masyarakat setinggi-tingginya, ujar dokter cantik pemilik nama lengkap drg Ester Raflesya Bellsayda Sitompul.

Dokter, tak hanya mengobati, katanya kepada wartawan, Sabtu (17/4/2021). Tetapi juga harus mengedukasi masyarakat untuk pencegahan agar masyarakat tidak menderita lagi akibat penyakit. Karena itu, dokter juga bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup masyarakat yang dilayaninya. Situasi sekitar pasien juga harus diobservasi.

Karena katanya, penyakit tidak datang tiba-tiba. Pasti ada faktor-faktor lain yang memicu penyakit. Biasanya, sumber itu ada di lingkungan sekitar pasien.

Menyumbang tenaga dan pikiran lewat layanan primer yang memungkinkan dia kontak langsung dengan masyarakat.Caranya, dengan menerapkan keterbukaan pada berbagai sudut pandang profesi dan pendekatan, menjadi salahsatu trik pendekatan yang dilakukan dokter cantik ini dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dilingkungan tempatnya bekerja sebagai dokter gigi di Puskesmas Simalingkar.

Alumni FKG Univeritas Sumatera Utara yang memilki motto hidup " Lakukan Yang Terbaik Saat Ini Juga, Besok Kita Belum Tentu Ada dan "Selalu Berikan dan Lakukan Lebih Dari Yang Diminta dan Diharapkan" selalu memberikan pelayanan kepada setiap pasiennya. Berangkat dari banyaknya persoalan yang dihadapi masyarakat disekitarnya menimbulkan niat dan keinginan drg Ester Raflesya Bellsayda Sitompul ikut serta dalam lelang jabatan Lurah yang dilaksanakan Pemko Medan di tahun 2021.

Ditanya tentang keikutsertaannya pada lelang jabatan Lurah tersebut, wanita kelahiran Pematang Siantar ini menceritakan bahwa motivasinya karena program Pemko Medan ini adalah kesempatan yang bagus (belum pernah ada sebelumnya) untuk lebih luas dan lebih mendalami lagi melayani masyarakat. Tidak hanya melulu di kesehatannya, tapi juga dapat menyentuh masalah kependudukannya yang paling dasar (adminduk), sehingga secara keseluruhan kebutuhannya sebagai warga negara dapat terpenuhi seperti kesehatan dan pendidikan.
Sebagai seorang dokter gigi, saya tidak hanya terfokus melayani kesehatan gigi dan mulutnya saja, tapi secara holistik juga aspek - aspek kehidupannya.Termasuk menanyakan tentang administrasi kependudukannya, sosial ekonominya, dan sebagainya.

"Saya percaya semuanya itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya", ujar ibu tiga anak ini.
Saya juga mempersilahkan pasien menyimpan nomor ponsel saya, supaya paseinnya leluasa menghubungi kapan dan dimana saja manatahu ada hal-hal yang perlu ditanyakan terkait apa saja. 

"Kebanyakan pasien awam selalu menanyakan soal kesehatan dan pelayanan publik. Saya tidak sampai hati membiarkan mereka bingung dengan segala ketidaktahuannya, kata Ester diakhir perbincangannya.

Biografi dokter muda yang berkeinginan menjadi seorang Lurah di Pemko Medan
Nama: Drg Esther Raflesya Bellsayda Sitompul

Orangtua: Drs. Parmian Sitompul - Tiar Asi Dina Hutagalung (+)
Tempat Tanggal Lahir: Pematang Siantar, 3 Mei 1979

Suami: Sidhi Nugroho Widhianto, ST
Anak:  Abira Jandhiesto (1 SMA), Aletheia Jandhiesto (1 SMP),  Anaia Jandhiesto (4 SD)
 
Alamat: Garden Vista C 15, Jl Petunia Kemenangan Tani, Medan Tuntungan
Pendidikan: SD Negeri 064025 Medan, SMP Negeri 1 Medan, SMA Negeri 4 Medan, FKG USU.

Pekerjaan:  Dokter Gigi PTT Puskesmas Hutabalang Kab. Tapanuli Tengah 2005-2007. Dokter Gigi PTT Puskesmas Bangun Purba Kab. Deli Serdang 2007-2010
Dokter Gigi ASN Pustu Indra Kasih Kota Medan 2010-2012. Staf Bina Yankes Dinas Kesehatan Kota Medan 2012. Dokter Gigi ASN Puskesmas Simalingkar Kota Medan 2012-2021 
 
Pelayanan: Koordinasi KMK USU UP FKG sebagai Komisi Pembinaan dan Koordinator (1997-2004). One of Founder dan Ketua Persekutuan Alumni KMK FKG USU. (Ra/mk)


 
Share:
Komentar


Berita Terkini