Bobby Hadiri MoU Penggunaan Fasilitas Layanan Jasa Perbankan dan Dukungan Program Smart City antara Pemko Medan dan BNI

Editor: metrokampung.com

Penandatanganan dihadiri oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution beserta jajaran dan Wakil Direktur Utama BNI,  beserta Direksi dan jajarannya.


Medan, Metrokampung.com

Melalui Program BNI Smart City, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, berkomitmen untuk memberikan solusi yang berintegrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam tata Kelola sehari-hari kepada Kota dan Kabupaten di Indonesia dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo bahwa telah dibentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD)  dengan tujuan untuk mendorong percepatan implementasi elektronifikasi transaksi di pemerintah daerah (ETPD) dan untuk meningkatkan transparansi transaksi dan tata kelola, serta mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah.

Dalam mendukung arahan dari Presiden tersebut, BNI memberikan solusi 6 (enam) konsep utama dalam Smart City, yaitu: Smart People, Smart Governance, Smart Infrastructure, Smart Environment, Smart Economy dan Smart Society.

Program Smart City BNI tidak hanya terfokus pada pengembangan Ekosistem pada Kabupaten/Kota tujuan. Disamping itu, BNI juga turut mendukung untuk program digitalisasi Kabupaten/Kota dimana solusi yang dapat BNI berikan bagi pemerintah Kota dan Kabupaten, antara lain :
a. Solusi Pembayaran/Belanja Daerah (Internet Banking Corporate atau BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit)
b. Solusi Penerimaan (e-PBB, e-PDAM, e-PAD, e-Samsat, dan e-Retribusi)
c. BNI Market Place yang membantu pemerintah kota/kabupaten dalam mempromosikan pariwisata daerah dan produk-produk UMKM dan memasarkan secara online
d. Penyediaan uang elektronik (BNI Tapcash dan LInkAja) bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan transaksi non tunai atau cashless society.
Realisasi dukungan BNI dalam percepatan digitalisasi daerah salah satunya adalah dengan diselenggarakannya penandatanganan Nota Kesepahaman perihal Penggunaan Fasilitas Layanan Jasa Perbankan dan Dukungan Program Smart City antara Pemerintah Kota Medan dengan BNI dengan turunannya adalah Perjanjian Kerja Sama terkait Penyediaan Layanan Perbankan dalam Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah.

Penandatanganan ini dihadiri oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution beserta jajaran dan Wakil Direktur Utama BNI,  beserta Direksi dan jajarannya.

“Pada tahap awal, kerja sama ini akan diwujudkan melalui digitalisasi penerimaan daerah untuk mewujudkan penerimaan daerah yang efektif, efisien dan transparan” ujar Susi Adi Sulistyowati, Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Digitalisasi penerimaan daerah dapat menjadi solusi dari transaksi non tunai yang aman di masa pandemik COVID-19 ini dengan meminimalkan kontak fisik dalam proses pembayaran pajak daerah.(Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini