Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Komisi VIII DPR RI Kunker ke Deli Serdang

Minggu, 23 Mei 2021 | 07.39 WIB
Kali Dibaca |

Anggota Komisi VIII DPR RI dipimpin Marwan Dasopang kunker spesifik dalam rangka pengawasan program penanggulangan bencana ke Kabupaten Deliserdang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Anggota Komisi VIII DPR RI dipimpin Marwan Dasopang melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik dalam rangka pengawasan program penanggulangan bencana ke Kabupaten Deliserdang, Rabu (19/5/21).

Kunjungan anggota Komisi VIII DPR RI ke Kabupaten Deliserdang diterima Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan bersama Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, para Asisten dan beberapa OPD, di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang.
 
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada anggota Komisi VIII DPR RI yang berkunjung ke Kabupaten Deliserdang.
 
Baginya kunjungan anggota DPR RI ini merupakan sebuah kehormatan bagi Pemkab Deliserdang untuk bagaimana bisa bangkit dari berbagai masalah yang dihadapi terutama di tengah suasana pandemi Covid-19 sekarang ini agar dapat disahuti anggota DPR RI.
 
Kunjungan anggota Komisi VIII DPR RI ke Kabupaten Deliserdang ini diharapkan mendapat kesan yang sangat positif tentang Kabupaten Deliserdang kemudian dapat menyerap berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Deliserdang.
 
“Kami memberi apresiasi dan terimakasih serta berbesar hati menerima kedatangan Bapak dan Ibu anggota dewan yang terhormat atas kunjungan ini”,ucapnya.

“Dan berharap agar kunjungan ini memberi inspirasi, motivasi dan semangat bagi jajaran aparatur pemerintah daerah Kabupaten Deliserdang khususnya terhadap percepatan pembangunan daerah di bidang penanggulangan bencana yang tentunya berkaitan dengan tugas Komisi VIII DPR RI,” kata Bupati.
 
Bupati menjelaskan, Kabupaten Deliserdang merupakan salah satu Kabupaten dari 33 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Utara berpenduduk lebih kurang 2 juta jiwa terdiri dari 22 Kecamatan 380 Desa dan 14 Kelurahan yang luasnya lebih kurang 2.500 kilometer persegi yang letaknya sangat strategis dan mengelilingi Ibukota Propinsi Sumatera Utara berbatas dengan Kabupaten besar yang strategis di Sumatera Utara, berbatas dengan Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Binjai, Simalungun dan Kabupaten Karo.
 
Topografi wilayah Deliserdang, lanjut Bupati, lengkap terdiri dari daerah pantai dataran rendah dan dataran tinggi pegunungan.

Karena topografi Deliserdang yang sedemikian ini, maka pada umumnya bencana yang paling banyak terjadi adalah longsor, banjir dan puting beliung.
 
Bupati mengatakan, puting beliung yang sering terjadi di Kabupaten Deliserdang mengakibatkan rusaknya rumah warga dan Pemkab Deliserdang tetap merespon dengan cara memperbaiki kerusakan rumah warga tersebut yang didisain dengan pemberian bantuan yang sifatnya bahan pokok bagi ketersediaan makanan. Bencana alam lainnya adalah longsor yang terjadi di daerah pegunungan, begitu juga dengan banjir.
 
Khusus mengenai Covid-19 di Kabupaten Deliserdang yang oleh BNPB dinyatakan berstatus merah, dilaporkan sampai tanggal 17 Mei 2021 angka positif Covid-19 berada pada angka 5706 dengan pasien sembuh 4911 jiwa dan meninggal dunia sebanyak 325 orang.
 
Berdasarkan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri tentang PPKM, dari 380 Desa dan 14 Kelurahan di Kabupaten Deliserdang ditemukan data bahwa tidak satu pun Kelurahan/Desa di Kabupaten Deliserdang yang masuk kategori merah dan orange.
 
Pihaknya sedang menelusuri tentang ketidakserasian data terkait penilaian dari BNPB dengan kriteria yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri .
 
“Hal itu bukan dipermasalahkan akan tetapi terkait upaya-upaya mengambil langkah untuk mengatasi Covid-19. Apapun itu kami harus tetap memastikan bahwa masyarakat hidup dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,”tegas Bupati.
 
Sementara itu, Marwan Dasopang selaku Ketua Tim dalam sambutannya menjelaskan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk menyerap aspirasi dan berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat untuk selanjutnya disikapi sesuai tugas nya.
 
“Berbagai permasalahan yang timbul dan aspirasi yang disampaikan dari kunjungan kami ini nantinya akan dibahas di Gedung DPR RI untuk disikapi. Mudah-mudahan kehadiran kami di Komisi VIII DPR RI memberi dukungan bagi Kabupaten Deliserdang khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya,”kata Marwan Dasopang dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru