Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Desa Sekip Masuk Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumut

Minggu, 20 Juni 2021 | 18.43 WIB
Kali Dibaca |

Staf Ahli Setda Provsu Tripriyono beserta anggota Tim penilai, Sekdakab Deli Serdang.

Lb Pakam, metrokampung.com 
Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang mengikuti Penilaian Lomba Desa/ Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. Acara penilaian tersebut dipusatkan di Aula Kantor Desa Sekip, Jumat (18/6/21) pagi.

 Hadir pada acara tersebut, Tim 1 Penilai Lomba Desa/kelurahan Sumatera Utara yang juga Staf Ahli Bid. Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan Sumber Daya Alam (Setda Provsu) Tripriyono beserta anggota Tim penilai, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein didampingi Asisten I Citra Efendi Capah, Kadis PMD Khairul Azman, Kadis Naker Binsar TH Sitanggang, Kadis Ketapang H Herry Lubis, Kadis Perindag Tengku M. Zaki Aufa, Sekretaris Kominfo Safii Sihombing, Camat Lubuk Pakam, Danang Purnama Yudha beserta Muspika, Kades Sekip Sumardi dan Ketua PKK Desa Dewi Hendriyani Sumardi.

Sekdakab Darwin Zein dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Sekip ini merupakan Desa Terbaik di Kecamatan Lubuk Pakam. 

 "Kenapa saya katakan baik, karena semua kinerja baik dari sisi pemerintahan, pembangunan dan mempunyai nilai plus yang sangat baik ,ini karena situasi Covid-19. Kalau tidak, mungkin kantor ini akan lebih baik lagi penataan dan pelayanannya,”ucapnya.

 Lanjut Sekda mengatakan selain desa terbaik di Deli Serdang, Desa Sekip mampu dan memiliki tempat isolasi mandiri, apalagi di situasi Covid-19 seperti ini dimana banyak warga yang tidak mau diisolasi di Rumah Sakit bisa diisolasi di tempat ini yang langsung diawasi oleh kadusnya.

“Jadi pihak Pemkab berani mengajukan Desa Sekip ini sebagai salah satu finalis dalam perlombaan Desa Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, karena nilai plus yang tadi kami sebutkan,”kata Sekda.

Gubernur Sumut pada sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan Sumber Daya Alam (Setda Provsu) Tripriyono menyampaikan bahwa perlombaan atau penilaian terhadap pelayanan administrasi serta pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di tingkat desa, apalagi di masa pandemi ini yang mana kami  dengar bahwa Desa Sekip ini masih Zona Kuning, tapi  jangan pernah lengah karena suatu waktu situasi ini bisa berubah secara signifikan.

 Gubsu memberi apresiasi atas kesiapsiagaan dari Desa Sekip atas pelaksanaan protokol kesehatan dimana ini merupakan langkah awal untuk memutus mata Rantai penyebaran virus Covid 19.
  
Tripriyono menjelaskan tujuan perlombaan ini dilaksanakan dalam memberikan motivasi kepada desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberdayakan masyarakat dalam kemandirian desa dan paling utama pada penilaian ini ialah dalam penanganan pasien Covid 19. Situasi sekarang  diminta untuk mengutamakan pelayanan kesehatan karena ini merupakan salah satu kriteria penilaian juga jangan pembangunan maju tetapi kesehatan tidak, bisa jadi ini juga bukan kemajuan dari desa.
 
“Kami telah menerima usulan atas desa Sekip ini kami harap dengan adanya kegiatan kegiatan yang menonjol di desa ini dapat menjadi nilai bagi kami untuk memperlihatkan di tingkat Provinsi  dan kami harapkan dibuktikan dengan dokumentasi yang ada,”kata  Tripriyono.
 
Adanya pelayanan informasi secara digital sehingga semua informasi yang akan kita bagikan kepada seluruh masyarakat dapat dirasakan manfaatnya. Jika desa ini nantinya menjadi juara agar mempersiapkan dokumen untuk kegiatan ini yaitu paparan Kades dan Ketua PKK Desa Sekip.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru