Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Bupati Deli Serdang H Ashari Sambut Katim WASEV TMMD ke 111

Senin, 12 Juli 2021 | 13.43 WIB
Kali Dibaca |

Kunjungan Kerja TIM WASEV (Pengawasan dan Evaluasi)  disambut Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati.

Lb Pakam, metrokampung.com   
Kunjungan Kerja TIM WASEV (Pengawasan dan Evaluasi) TMMD KE 111 Tahun 2021 Kodim 0204/DS Brigjen TNI Furdyantoso disambut Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (8/7/21) Pagi.
 
Hadir pada acara Kunjungan Kerja TIM WASEV TMMD KE 111 Tahun 2021 Kodim 0204/DS Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara,  Kasiter Rem 022/PT Letkol Inf M Yakub, Wakapolresta Deli Serdang AKBP Julianto, Kajari Deli Serdang Jabal Nur SH ewakili Ketua DPRD Deli Serdang Wastiana Harahap serta para pimpinan OPD terkait lainya.
 
Dalam sambutannya Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengucapkan banyak terima kasih atas Kinerja TNI melalui TMMD ini sehingga dapat dirasakan dampaknya oleh masyarakat dan juga bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang.
 
"Semoga kedepannya kegiatan yang positif ini dapat berkesinambungan dan dilaksanakan pada daerah yang betul - betul membutuhkan perhatian pembangunan yang tidak dapat dijangkau oleh Pemerintah Daerah, "ucapnya.
 
Bupati mengatakan kegiatan TMMD adalah program yang mengedepankan nilai-nilai keterpaduan, kepedulian, antara TNI dan Pemerintah Daerah untuk mendorong serta meningkatkan pembangunan dan ekonomi khususnya yang ada di desa.
 
"Selain manfaat fisik yang didapatkan oleh masyarakat, ada manfaat lainnya yang juga didapat yaitu masyarakat bisa melihat dengan jelas kerjasama antara TNI dan pemerintah daerah dan terwujudnya kemanunggalan TNI dengan masyarakat yang merupakan warisan dari orang tua kita terdahulu, "kata Bupati.
 
Secara khusus, lanjut Bupati, lokasi yang menjadi tempat TMMD ini adalah lokasi yang mempunyai potensi untuk menjadi tempat destinasi wisata yang baru dan ikon baru, seperti destinasi wisata arung jeram.
 
“Semoga  program ini dapat memberikan manfaat yang sinergis dan memuaskan semua pihak khususnya masyarakat Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba”, harap H Ashari Tambunan.
 
Sementara, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jecky Yudhantara dalam paparannya mengatakan Pelaksanaan TMMD secara umum mendapat sambutan positif dari masyarakat khususnya di desa, karena giat TMMD langsung dapat dirasakan manfaatnya guna menunjang dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Program terpadu melalui TMMD ke 111 Kodim 0204/DS prioritas pada desa tertinggal dengan  harapan masyarakat semakin sadar bahwa pembangunan merupakan  tanggung jawab bersama antara Pemda, TNI  dan masyarakat.

 “Giat TMMD ke 111 juga diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan infrastruktur di daerah dan meningkatkan SDM desa tertinggal,"ucapnya.

 Dandim menjelaskan Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba berada di wilayah Kabupaten Deli Serdang bagian utara (wilayah perkebunan) yang masih terkendala sarana transportasi, dimana belum pernah dilaksanakan kegiatan TMMD sebelumnya.

 Ia menambahkan, pengerasan jalan di Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba memiliki nilai strategis badan jalan yang terbangun saat ini merupakan akses alternatif jalan darat yang akan menghubungkan antara 2 kecamatan, yakni Kecamatan Bangun Purba dan Kecamatan Tiga Juhar serta telah menghubungkan antara Dusun 7 dan Dusun 8 Desa Mabar, menunjang transportasi pemasaran hasil perkebunan masyarakat.
 
Sasaran fisik yang dilaksanakan sangat membantu peningkatan pembangunan infrastruktur desa, melalui pengerasan jalan, pemasangan box culvert dan pipa besi guna menunjang peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, pembangunan RTLH sejumlah 6 unit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu, pembangunan musholla dan rehab masjid untuk meningkatkan kualitas tempat ibadah yang lebih layak.
 
Serupa  dikatakan Katim Wasev TMMD Ke 111 Tahun 2021 Brigjen TNI Furdiantoso dalam sambutannya, bahwa pengawasan dan evaluasi TMMD ke-111  TA 2021 yang saat ini sedang berjalan bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan persiapan pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal efektif dan efisien meskipun dalam situasi pandemi covid 19 yang melanda hampir seluruh wilayah Satgas TMMD.

“Tujuan kegiatan TMMD, selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI – Rakyat,”ucapnya.

 Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD melalui mekanisme bottom up, planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral dengan melibatkan semua unsur-unsur yang terkait dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan tingkat Kab/Kota. Sasaran-sasaran TMMD adalah dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah kemudian dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD. Setelah kegiatan selesai hasil TMMD akan diserahkan kepada pemerintah daerah untuk dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru