Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Tanggap Covid-19, KKN DR 80 UIN-SU Lakukan Penyemprotan Disinfektan Menggunakan Bahan Rumah Tangga

Jumat, 30 Juli 2021 | 20.01 WIB
Kali Dibaca |


Sergai, metrokampung.com
Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia memiliki dampak yang signifikan salah satunya pada sektor pendidikan. Dampak tersebut menuai perhatian khusus dari Mahasiswa KKN DR 80 yang kini menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pekan Dolok Kec. Dolok Masihul Kab. Serdang Bedagai. Dan tidak bisa dipungkiri adanya pandemi covid-19 ini memunculkan banyak problematika dalam pelaksanaan KKN mahasiswa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terdapat perubahan terkait ketentuan pelaksanaan KKN dimana sebelumnya mahasiswa terjun langsung ke desa selama 30 hari, namun saat ini mahasiswa KKN DR cukup menyelenggarakan kegiatan yang mendukung pencegahan penyebaran covid-19 di desa tempat pengabdian sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh kampus.

Proses penyemprotan Disinfektan ke rumah-rumah warga adanya ketentuan baru tersebut tidak menyurutkan antuasias mahasiswa dalam melaksanakan KKN. Hal ini terbukti adanya mahasiswa KKN DR 80 UIN-SU yang telah melakukan penyemprotan desinfektan dalam rangka upaya antisipasi dan pencegahan penyebaran covid-19 di Lingkungan Kelurahan Pekan Dolok. Program penyemprotan cairan desinfektan yang dilaksankan pada Jum'At (30/07/2021) pagi ini sangat sederhana yakni menggunakan bahan rumah tangga diantaranya cairan pemutih dan pembersih lantai yang dicampur dengan air.

Dijelaskan oleh Agung Proyogo selaku penanggung jawab program penyemprotan disinfektan bahwa penyemprotan dilaksanakan mulai dari persiapan membeli bahan dan alat. 

“Kami mengutamakan untuk membeli bahan terlebih dahulu, kemudian baru mencari alatnya seperti tank buat nyemprot dan tong untuk wadah airnya. Untuk tank tidak begitu susah mencari pinjaman karena sudah ada dari teman-teman kami,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan tersebut didapatkan mahasiswa mengutamakan bahan disinfektan yang akan digunakan agar tidak berdampak negatif bagi lingkungan serta tetap mematuhi protokol kesehatan upaya pecegahan covid-19 dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan WHO.

Lanjutnya Agung Prayogo juga menjelaskan bahwa penyemprotan yang dilakukan selama sekitar dua jam ini dilakukan dengan menggunakan lima tanki yang diangkut oleh setiap mahasiswa lainya “Selama penyemprotan berlangsung kami mendapatkan respon baik dari masyarakat setempat dan belum mengalami kendala. Untuk pelaksanannya kami langsung melakukan penyemprotan yang sebelumnya sudah melakukan koordinasi dan survei bersama pihak Kelurahan untuk rute penyemprotan tersebut. Dan sela peyemprotan Mahasiswa KKN DR 80 UIN-SU ini juga memberikan masker kepada masyarakat di setiap lingkungan kelurahan Pekan Dolok".

Kelompok KKN DR 80 UIN-SU ini beranggotakan Afzalur Rahman Agung Prayogo Alfi Riana Andini Kartika Desvira Utami Rahmadini Dimas Azhari Ellina Satyana Fadila Akbar Baizid Khoiruddin Lubis M. Anang Maulana M. Hendri Sugara Sinaga Muhammad Hidayat Muhammad Asraf Mutia Maudy Khasanah Muhammad Aris Fadillah Nusroh Afifah Novita Ayunda Sari Nurhayati Putri Melati Putri Deviana Robi Prayoga Siti Hazizah Sri Melati Sri Devi Fahira Sri Devi Haryati Surya Ningsih Damanik Trisna Eka Putri Widya Iswanty Zahrotan Tasnim Lubis Zidan Ridwan Nur.

"Penyemprotan disinfektan ini sudah dilakukan secara perlingkunga-lingkungan setempat. Namun untuk sekarang ini saya sangat berterima kasih kepada adik-adik KKN 80 UIN-SU yang telah menjalankan program ini lagi di masyarakat guna untuk  pencegahan Covid 19 di Kelurahan Pekan Dolok. Dan adanya mahasiswa KKN DR 80 ini saya harapkan dapat mendukung  Pemerintah dan juga Masyarakat untuk selalu cepat tanggap COVID-19. Harapannya dengan adanya pecegahan ini dapat mengurangi pasien yang terpapar COVID-19," ujar Lurah Pekan Dolok.(ys/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru