Pengikut

SUMUT

NASIONAL


PD ICON RI Labuhanbatu Laporkan Pengelolaan BUMDes Lingga Tiga Ke Instansi Berwenang

Senin, 09 Agustus 2021 | 17.35 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, Metrokampung.com
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Agro Wisata "Jaya mandiri" desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu bersumber dana desa tahun 2017 sebesar Rp. 340 juta menjadi perhatian  DPD LSM ICON RI Labuhanbatu R. Fajar Sitorus. Hal tersebut disampaikan RF Sitorus kepada metrokampung.com, Minggu (9/8/2021) melalui seluler. 

Lebih lanjut dikatakannya bahwa badan usaha milik desa yang dikelola ES, RA, ES  berbentuk agro wisata kolam Pancing, dan sampai saat ini belum ada memberikan kontribusi bagi desa terkait. 


Ironisnya hingga sampai saat ini struktur kepengurusan Bumdes tersebut belum memberikan pertanggung jawaban penggunaan keuangan negara tersebut secara konkrit kepada desa," terang Sitorus. 

Dari pelaksanaan kegiatan Bumdes itu, diduga banyak kejanggalan yang tidak sesuai regulasi  semestinya, selain itu di sinyalir BUMDes tersebut  berbanding terbalik dengan tujuan program Pemerintah Pusat dan kementrian desa, bahkan diduga berpotensi merugikan keuangan negara.

Namun kita tetap akan lakukan sesuai tupoksi LSM selaku sosial kontrol dengan melakukan penyuratan resmi sebagai laporan pada yang berkompoten di Labuhanbatu. 

"Kita sudah menghimpun informasi, konfirmasi ke masyarakat, perangkat desa. Ketua BUMDes, hingga investigasi ke lokasi fisik dan saat ini telah melayangkan surat sebagai  laporan resmi  meminta untuk dilakukan pemeriksaan terhadap BUMDes Desa Lingga Tiga," papar Sitorus.

Kiranya dengan pelaporan secara resmi pada, Senin (9/8/2021) pada instansi berwenang berharap ini nantinya dapat memberikan pencerahan bagi warga desa termasuk pemerintah desa Lingga tiga tersebut. 

Terpisah warga desa yang berdekatan dengan lokasi Bumdes tersebut (MSN -red) juga Sempat menyampaikan harapan nya pada metro kopung. Com agar melakukan pungsi kontrolnya terkait Pengelolaan Bumdes kolam pancibg tersebut agar informasi penggunaan dana nya dapat diketahui masyarakat. 

"Orang abang wartawan kan bg? Cobalah lakukan kontrol pelaksanaan Bumdes desa kami ini bang.! Soalnya Budes tersebut mangkrak, terus bagai manalah pertanggung jawaban keuangannya itu bang? " pinta MSN pada metrokampung. Com. 
(MK/Simon)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru