Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Bersama Masyarakat, Bupati Samosir Tabur 35.000 Ekor Benih Ikan Nila di Salaon Tonga-Tonga

Kamis, 30 September 2021 | 18.52 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, melakukan penaburan benih ikan Nila, di Salaon Tonga-Tonga, kamis (30/9/2021).

Samosir, metrokampung.com
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melakukan restocking (penaburan) 35.000 ekor benih ikan Nila di Pea Sihombing, Pea Siguti-guti, Pea Tambok, Pea Gordang Desa Salaon Tonga-tonga, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kamis (30/9/2021).

Turut didampingi Asisten III Lemen Manurung, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Ronggur Nihuta Sitor Silalahi, serta Tokoh masyarakat Ronggur Nihuta. 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyampaikan bahwa kegiatan penaburan bibit ikan yang digelar, untuk menyediakan sumber daya ikan yang nantinya berguna sebagai stok kebutuhan konsumsi masyarakat khususnya yang berada di dataran tinggi.

"Oleh karena itu, diharapkan dukungan dan kerjasama kepada seluruh masyarakat sekitar agar tidak langsung memancing/mengambil ikan tersebut selama enam bulan sebelum berkembang biak,"ungkap Vandiko Gultom. 

Selain dari stok kebutuhan konsumsi, Bupati Milenial itu juga menyampaikan bahwa penaburan benih ikan tersebut tidak lepas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan Visi Kabupaten Samosir terwujudnya masyarakat samosir yang sejahtera, dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.  


Diakhir sambutanya, Bupati juga turut mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, walaupun samosir sudah pada tahap level 2. 

"Kepada kepala desa dan Camat agar mendata warganya yang belum mendapat vaksin agar segera di vaksin untuk pencapaian seratus persen vaksinasi di Kabupaten Samosir,"ujarnya mengakhiri.

Hal senada juga disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Jhunellis Sinaga mengatakan bahwa bibit tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Samosir T.A 2021.

"Penaburan bibit ikan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan stok sumber daya perikanan di pea-pea (embung air) yang ada di Ronggur Nihuta," ujarnya.

Selain sebagai stok sumber daya perikanan, Plt Kadis Pertanian juga menyampaikan bahwa, penaburan benih ikan ini merupakan sumber produksi perikanan tangkap dan sebagai stok ikan untuk konsumsi masyarakat, terangnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Esman Simbolon mengapresiasi kegiatan penaburan benih ikan di Desa Salaon Tonga-tonga yang tentu membawa dampak yang lebih baik kepada masyarakat. 

"Dalam hal ini kami atas nama masyarakat Desa Salaon tonga-tonga mengucapkan terimakasih atas program 100 hari kerja Bupati Samosir dimana akses jalan yang rusak sudah diperbaiki, meskipun masih dalam tahapan sertunisasi,"ungkap nya.(HPS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru