Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Insiden Penyiraman Terhadap Ketua DPRD Humbahas Dilapor Ke Polisi

Rabu, 22 September 2021 | 07.41 WIB
Kali Dibaca |

Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumban Gaol,SH.

Humbahas, Metrokampung.com
Tak disangka-sangka peristiwa penyiraman air ke wajah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Ramses Lumban Gaol, SH  oleh oknum anggota Dewan berinisial BT asal Partai Golkar menjadi buah bibir masyarakat luas. Bagaimana tidak, selain marak diberitakan media, video adengan penyiraman terhadap Ketua DPRD Humbahas saat rapat Badan Anggaran (Banggar) pada Senin, (20/9/2021) kemarin juga di upload ke media sosial dan virall menjadi tontonan menarik warga net.  

Amatan media, kolom komentar pada video viral tersebut dipenuhi kecaman dari para Netizent, yang mengganggap perbutan itu tidak patut dilakukan oleh seorang anggota dewan terhormat. 

“Dewan tak bermoral dan berahlak, lebih santun preman jalanan,” tulis akun alfonso siringo-ringo dalam kolom komentar. Tak hanya itu, warga net lainnya atas nama Bindu Situmorang juga turut berkomentar serupa. “ yang anak TK nya semua ini, buat malu,” tulisnya dalam bahasa daerah. Dan banyak lagi kecaman lainnya. 

Menanggapi keadaan tersebut, akhirnya Ketua DPRD Humbang Hasundutan, Ramses Lumban Gaol melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Kepolisian Resor (Polres) Humbang Hasundutan. 

” tadinya saya tidak begitu mempermasalahkan hal itu, namun karena sudah viral dan semua sahabat, keluarga serta pimpinan partai menekan saya untuk menyikapi serius perbuatan tersebut maka akhirnya saya melaporkan hal itu ke kantor Polisi malam itu juga, “ katanya kepada awak media, Selasa(21/9/2021) usai paripurna penanda tanganan nota kesepakatan bersama perubahan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA)serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) P-APBD tahun anggaran 2021. 

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP. Ronny Nicolas Sidabutar, SIK,SH,MH melalui Kasat Reskrim AKP. JH. Tarigan yang dikonfirmasi awak media, Selasa,(21/9/2021) via selular membenarkan adanya laporan tersebut. 

“ iya ada, sama anggota. Tapi saya belum cek apakah sudah diproses. Nanti coba saya cek dulu ya,” ujarnya mengakhiri pembicaraan telepon. 

Terpisah, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Humbang Hasundutan,sekaligus Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang dikonfirmasi  guna menanggapi insiden yang menimpa Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol selaku kader PDI – P mengatakan sangat mengutuk keras tindakan yang dilakukan oleh oknum anggota DPRD berinisial BT. Dirinya menilai bahwa penyiraman itu tidak sepatutnya dilakukan, sebab lembaga DPRD adalah lembaga terhormat dan di isi oleh orang-orang terhormat. Selain itu menurut Dia, penyiraman yang dilakukan politisi Golkar ini merupakan tindakan penyerangan fisik atau menyerang kehormatan pribadi seseorang. Apalagi personal ketua DPRD melekat dengan citra lembaga DPRD itu sendiri. 

Lanjut diungkapkannya, bahwa persoalan itu telah disampaikan kepada pihak yang  berwajib untuk diproses secara hukum. 
“ itu sangat tidak baik. Kami dari partai PDI-P sangat mengecam tindakan itu. Kita fahami bahwa perbedaan pendapat hal yang biasa di Negara ini. Tapi ini, jangan menyerang pribadi atau fisik orang lain. 

Apalagi jabatan pimpinan DPRD itu melekat dengan nama baik lembaga DPRD yang terhormat. Tadi malam, teman-teman sudah melaporkan hal itu ke Polisi. Biar kan lah polisi memutuskan langkah selanjutnya, “ tegasnya. 

Ditanya soal upaya lainnya dalam hal menyurati pimpinan partai yang bersangkutan prihal pemberitahuan tentang adanya oknum kader nya yang bertidak kurang etik, Dosmar menjawab, “ biarlah itu menjadi urusan partai masing-masing,” katanya. (FT/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru