Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Kelola Sampah Labuhanbatu, Bupati Minta Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan Jadi Contoh

Rabu, 13 Oktober 2021 | 16.18 WIB
Kali Dibaca |


Labuhanbatu, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, M.KM membuka Rapat Pengelolaan Sampah di Labuhanbatu, di Ruang Data dan Karya, Kantor Bupati, Rantau Selatan, Senin (11/10/2021).

Rapat dimulai dengan pemaparan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai potensi pelayanan sampah prioritas di Labuhanbatu. Dijelaskan bahwa ada total 24 kelurahan yang menjadi potensi pelayanan prioritas yang tersebar di seluruh kecamatan di Labuhanbatu.
 
Pemaparan dilanjutkan dengan permasalahan sampah yang ada di Labuhanbatu, seperti tidak adanya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang jauh, menyebabkan adanya TPS liar dan keterbatasan armada pengangkutan sampah.
 
Berlandaskan Peraturan Menteri PUPR No.03/PRT/M/2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, Dinas PUPR mengajukan rencana pengelolaan sampah berupa pembangunan TPS atau Depo Sampah, pembangunan TPA dengan model Sanitary Landfill, dan mengadakan Becak Sampah untuk mengangkut sampah. Dijelaskan rencana ini akan bekerjasama dengan para stakeholder seperti lurah, dan perusahaan-perusaahan. 
 
Menanggapi rencana tersebut, Bupati meminta kepada para Camat untuk mencari dan mempersiapkan lahan atau lokasi untuk pembangunan Depo Sampah, terutama untuk Kecamatan Rantau Selatan dan Rantau Utara yang akan menjadi contoh model pertama. “Tugas Rantau Utara dan Rantau Selatan, siapkan 1 tempat Depo Sampah, 6x15 atau 6x10 meter, yang penting bisa masuk kendaraan, bisa masuk motor,” jelas bupati.
 
Turut hadir dalam Rapat tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Asisten I Drs. Sarimpunan Ritonga, M.Pd, Asisten II Drs. Ikramsyah Putra, MM, Asisten III Zaid Harahap, SE, Staf Ahli, Kadis PUPR, Kadis DLH, Kadis Perindag, Kadis Kominfo, Kadis Perizinan dan  seluruh Camat.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru