Oknum Petugas Kebersihan Di Dinas Lingkungan Hidup Mengaku Honor SPT nya 'Dibondut'

Editor: metrokampung.com
Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan di Desa Purba Kecamatan Doloksanggul.

Doloksanggul, Metrokampung.com
Seorang oknum yang mengaku petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sontak menyampaikan keluhan kepada awak media Metrokampung.com melalui saluran whatsapp dengan nomor  0812 6556 5701 pada Senin malam,(10/01/2022) perihal luka batin yang dialami nya bersama sejumlah rekan kerja dalam ruang lingkup kerja mereka.

Oknum Petugas kebersihan yang identitasnya tak ingin diketahui awak media mengungkapkan bahwa mereka kerap mendapat penzoliman hak-hak dengan dalih pemutusan kontrak kerja. Dalam komunikasi yang berlangsung melalui aplikasi WhatsApp (WA), oknum yang mengaku petugas kebersihan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup ini juga mengutarakan bahwa dalam hal Hak atas honor kegiatan yang tertuang dalam Surat Perintah Tugas (SPT) yang dijalankan, dirinya mengaku sama sekali belum pernah menerima mulai tahun anggaran 2020 sampai dengan 2021.

“Selamat malam pak, saya orang dinas lingkungan hidup. Memohon bantuan agar bapak sudi kiranya mempertanyakan pimpinan kami tentang alasan menyuruh kami menandatangani SPT kami sendiri. Tetapi honor SPT tersebut tidak diberikan kepada kami. Tidak kami ketahui apa yang menyebabkan dana itu tersendat. Sebab orang-orang kantor selalu mengumbar kata pemecatan. Sehingga kami tidak berani mempertanyakan,” tulisnya dalam bahasa daerah.

Lanjut dia, “ kami selalu saja diancam dengan kata-kata pemutusan hubungan kerja, dan pengurangan personil. Namun kenyataan nya tetap saja bertambah-tambah pegawai honor baru di kantor itu, diantaranya Indra Situmeang, Mangandar, Doni Candro, Osin Silaban dan lain-lain,” ujarnya via WA. 

Tahun 2020 yang lalu pun juga terjadi hal serupa, namun dikatakan alasan nya menutupi kebutuhan dana Taktis. Oleh karena nya kami bungkam. Bukan hanya itu, sorang PNS dikantor itu yang turut masuk dalam SPT kami pun juga mengakui tidak mendapat bayaran,” ungkapnya lagi. 

Guna keberimbangan berita, Bendahara pengeluaran Kantor Dinas Lingkungan Hidup Ani boru Sinaga yang kemudian dikonfirmasi awak media melalui saluran selular Selasa,(11/02/2022) justru mengatakan bahwa honor SPT yang dimaksud telah dibayarkan. Ditanya soal sistim pembayaran, Ani mengaku bahwa pembayaran disampaikan melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), selebihnya PPTK yang menyalurkan ke para petugas kebersihan. 

Beranjak dari situ, kepala Bidang Kebersihan , Ricardo Lumban Toruan selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) yang turut dikonfirmasi wartawan Metrokampung.com mengakui adanya sedikit kendala dalam penyelesaian pembayaran honor SPT para petugas. 
Dirinya menjelaskan bahwa padatnya volume tugas menjadi faktor keterlambatan proses penyelesaian pembayaran honor SPT bagi para petugas seluruhnya. Disamping itu katanya, situasi Natal dan Tahun Baru menjadi kendala dalam proses pencairan dari pihak perbankan. Akan tetapi ditegaskan, bahwa penyelesaian penyaluran honor SPT petugas pastinya akan diselesaikan, tanpa ada potongan serupiah pun. 

“Kebetulan memang agak padat tugas kita pada saat itu tulang, menyiapkan kunjungan dan sebagainya. Berdekatan pula dengan kondisi Natal dan tahun baru. Awak kan dibutuhkan keluarga juga nya pada situasi Nataru ini. Jadi pembayaran honor SPT belum tersalurkan sepenuh nya kepada para petugas, masih sebagian yang lain tersalur. Hari merah Natal dan Tahun baru ini pun juga jadi kendala bagi pihak Bank dalam memproses pencairan dana kita. Namun yang jelas sisa penyaluran honor SPT itu pasti kita tuntaskan tulang, tak ada potongan serupiah pun,”katanya. 

Saat disinggung Soal honor SPT tahun anggaran 2020, ditegaskannya bahwa semua sudah terlaksana dengan baik.  
Heran nya, Pejabat Penatausahaan Keuangan atau Kasubbag Keuangan pada Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbahas, Clara boru Parangin-angin yang turut dikonfirmasi justru mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah mengetahui proses realisasi anggaran belanja honor SPT para petugas kebersihan. “ Maaf pak, saya tidak tau-tau tentang hal itu”ujarnya seraya menutup telepon. (FT/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini