Ternak Babi di Kecamatan Tarabintang Diserang Penyakit ASF

Editor: metrokampung.com
Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Humbahas ketika melakukan penyuntikan ternak.

Doloksanggul, Metrokampung.com
Ternak babi di Desa Mungkur Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan mendadak diserang penyakit ASF (African Swine Fever). ASF adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100% . Sehingga dipastika mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar bagi peternak. 

Dinas Peternakan dan Perikanan Humbahas mengatakan kasus kematian ternak babi sudah berlangsung selama 1 minggu yang sebelumnya sudah terlebih dahulu terjangkit di Desa Sitanduk dan Simbara Kecamatan Tarabintang. Sesuai dengan pemeriksaan klinis kematian ternak babi yang diakibatkan serangan penyakit ASF ini mencapai kisaran puluhan ekor. 

Berdasarkan pengamatan dilapangan dan informasi dari masyarakat bahwa penyebaran penyakit disebabkan  lalu lintas ternak yang masuk dan penanganan bangkai ternak yang tidak baik. Guna mengantispasi semakin merebaknya kasus kematian babi itu, maka Dinas Peternakan dan Perikanan pada Selasa,(17/1/2023) kemarin langsung mengambil tindakan dengan melakukan penyemprotan desinfektan dan memberian desinfektan kepada Pemerintah Kecamatan untuk dapat dibagikan kepada setiap Kepala Desa untuk dilakukan penyemprotan di setiap kandang ternak.

Kemudian, melakukan pengobatan terhadap ternak sakit berupa pemberian antibiotik, anti radang, anti piretik dan vitamin. Dinas terkait juga menghimbau kepada masyarakat mengubur ternak yang mati dan tidak melakukan pembuangan bangkai ternak ke sungai apalagi melalukan pemotongan untuk dibagi-bagi. Selanjutnya akan melakukan penyemprotan desinfektan dan pengobatan ternak dalam waktu dekat bekerja sama dengan pemerintah desa dan kecamatan. (PS/FT)
Share:
Komentar


Berita Terkini