Gapoktan Arih Ersada Sampaikan Terima Kasih Karena Mendapat Bantuan Alsintan

Editor: metrokampung.com

Dairi, metrokampung.com
Kurangnya tenaga kerja saat pemanenan menyebabkan kewalahan dan tingginya biaya produksi, sehingga membutuhkan mesin praktis seperti Mesin Combine Harvester Besar Multiguna (CHB Multiguna). Setelah mengajukan usulan dan direalisasikan, maka petani di Desa Rante Besi berterimakasih kepada Bupati Dairi Eddy Berutu dan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Robot Manullang.

Demikian disampaikan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Arih Ersada Binaria Ginting dalam Acara Panen Perdana Jagung Menggunakan Mesin Combine Harvester Besar Multiguna (CHB Multiguna) di Desa Rante Besi, Kecamatan Gunung Sitember, Senin (12/6/2023).

“Kami menyadari kebutuhan kami saat pemanenan, jadi kami berunding untuk mengusulkan penyediaan alat CHB Multiguna kepada Bupati Dairi melalui PPL Desa Rante Besi yang kemudian diteruskan melalui Kepala Dinas Pertanian,” kata Binaria.

Disampaikan Binaria, pemilihan mesih CHB Multiguna dianggap sangat praktis. Jika selama ini untuk memanen satu hektar harus memenuhi tenaga 30 orang, setelah menggunakan alat ini, diklaim mampu menyelesaikan satu hektar lahan dalam waktu tiga jam.

Lebih lanjut, Binaria menyampaikan gapoktan yang terdiri dari 12 kelompok tani tersebut telah berunding tentang sistem pemakaian, pemeliharaan, penyimpanan, dan perawatan alat tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan kesejahteraan petani.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kpp Dairi (DPKPP) Robot Manullang menyampaikan Kecamatan Gunung Sitember cukup banyak mendapat fasilitas pemerintah.


“Tahun kemarin, kecamatan ini mendapat 2 jalan usaha tani, alat penanam jagung sebanyak 7 unit, alat pengering jagung 1 unit, kemudian bibit durian 500 batang, dan pupuk organik 25 ton,” kata Robot.

Pemberian Alsintan tersebut, kata Robot, tidak terlepas dari upaya berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Dairi.

“Jadi saya juga sudah sampaikan kepada mereka semua, agar seluruh bantuan yang mereka terima harus mereka rawat dan manfaatkan secara maksimal untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian di Gunung Sitember,” kata Robot. (Pal)
Share:
Komentar


Berita Terkini