Mahasiswa UMSU Ciptakan Mesin Pembuatan Saus Tomat, Langsung Diberikan Kepada Petani Sergai

Editor: metrokampung.com
Ketua PKM UMSU Serahkan Mesin Pembuat Saus Tomat Kepada Para Petani Tomat Yang Tergabung Dalam UD. Usaha Bersama, Yang Berlokasi Di Dusun 1 Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (8/8/2023).

Sergai, Metrokampung.com
Sangat membanggakan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ciptakan mesin pembuatan saus tomat.

UMSU melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Dusun 1 Desa Paya Lombang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (8/8/2023).

PKM tersebut diselenggarakan untuk peningkatan ekonomi kreatif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis teknologi tepat guna pada pembuatan saus tomat di UD. Usaha Bersama yang juga dihadiri puluhan petani binaan UD. Usaha Bersama.

Ketua Tim PKM UMSU dalam penyerahan mesin pembuatan saus tomat, Riandini Wanty Lubis, ST, MT, mengatakan kegiatan kita hari ini adalah penyerahan mesin pembuatan saus tomat kepada para petani tomat yang tergabung dalam UD. Usaha Bersama, agar masyarakat bisa semakin maju, dan ini adalah wujud dari tri dharma perguruan tinggi.

Lanjutnya, selain itu juga telah memberikan penjelasan kepada para kelompok petani tersebut cara penggunaan mesin tersebut. "Tadi juga telah kita tes proses pembuatan saus tomatnya, dan banyak ibu-ibu setempat yang menyaksikan," ucapnya.

"Kami berharap semoga mesin pembuatan saus tomat yang kami berikan kepada para petani tomat yang tergabung di UD. Usaha Bersama dapat menambah pundi-pundi rupiah bagi masyarakat setempat," harap Riandini dihadapan puluhan petani.

Dosen Fakultas Teknik UMSU tersebut menjelaskan, mesin ini adalah karya dari mahasiswa Fakultas Teknik UMSU, yang kita bina agar mereka bisa lebih maju dan kreatif.

Dosen tersebut memaparkan luar biasanya mesin pembuatan saus tomat dari mahasiswa tersebut, yakni bisa langsung menghaluskan, mengaduk dan memasak hasil gilingan tomat tersebut langsung. 

"Mesin pembuatan saus tomat tersebut berkapasitas 5 Kg penggilingan tomat. Bisa menghaluskan tomat 5 Kg dengan waktu 6 menit. Mesin tersebut bisa langsung mengaduk dan memasak dengan waktu sekitar 70  menit dengan tomat 5 Kg," jelasnya saat didampingi tim PKM Affandi, ST, MT dan Iqbal Tanjung, ST, MT.

Kepala Desa Paya Lombang yang diwakilkan oleh Sekretaris Desa Dian Tiara mengatakan semoga mesin pembuatan saus tomat yang diserahkan oleh UMSU bisa bermanfaat kepada masyarakat Desa Paya Lombang, terimakasih kepada para dosen dan mahasiswa UMSU.

Petani tomat setempat Sulasman  mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada PKM UMSU atas pemberian Mesin Pembuatan Saus Tomatnya.

"Kita semakin percaya ternyata UMSU memang Universitas yang sangat unggul dan cerdas serta sangat berguna kepada masyarakat," cetusnya.(khairul/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini